Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Kapasitor Mesin Cuci Sharp

bocahtehnik- Banyak kelebihan menarik dari mesin cuci ini. Mesinnya yang awet dan optimal membuat mesin cuci Sharp tersebut banyak dipilih dan digunakan dibanding mesin cuci lainnya. Yuk cari tahu bagaimana cara memasang kapasitor mesin cuci sharp.

cara memasang kapasitor mesin cuci sharp
Unsplash.com

Mesin cuci memiliki bermacam merek salah satunya Sharp. Merek ini banyak digunakan sebagai mesin andalan di mana dapat mencuci baju banyak sekaligus sehingga anda dapat menggunakannya cukup lama.

Cara Memasang Kapasitor Mesin Cuci Sharp

Memasang kapasitor pada mesin cuci Sharp mungkin sedikit berbeda dari merk mesin cuci lainnya tetapi prinsipnya sama. Namun, pastikan untuk membaca manual dari mesin cuci Sharp anda dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh produsen.

Secara umum, untuk memasang kapasitor pada mesin cuci Sharp, anda perlu melakukan hal-hal berikut:

● Matikan listrik dan cabut steker dari stop kontak.
● Buka panel akses mesin cuci dengan cara yang dijelaskan dalam manual mesin cuci.
● Temukan kapasitor yang akan diganti, itu biasanya berada di sekitar motor.
● Lepaskan kabel yang terhubung ke kapasitor yang akan diganti. Pastikan untuk mencatat posisi kabel-kabel sebelum melepaskannya.
● Lepaskan dua baut yang mengunci kapasitor.
● Ganti kapasitor baru.
● Pasang kembali baut dan kabel yang telah dilepaskan tadi.
● Tutup panel akses dan pasang steker ke stop kontak.
● Nyalakan listrik dan cek apakah mesin cuci berfungsi dengan baik.

Sebaiknya, jangan mencoba untuk memasang kapasitor jika Anda tidak yakin dengan keterampilan Anda dalam bidang elektronik. Lebih baik untuk menghubungi tukang listrik atau teknisi mesin cuci yang berpengalaman untuk memasang kapasitor.

Kapasitor pada mesin cuci sangat penting karena memiliki fungsi untuk menyimpan dan menyalurkan energi listrik yang dibutuhkan oleh motor mesin cuci. 

Selain itu, kapasitor digunakan untuk mengatur arus listrik yang diterima oleh motor sehingga memungkinkan motor untuk berjalan dengan stabil dan efisien.

Kapasitor juga berguna untuk mengatur tegangan yang diterima oleh motor sehingga memungkinkan motor untuk berjalan dengan putaran yang lebih stabil dan konsisten. Kapasitor juga berguna untuk menyaring getaran untuk meningkatkan kinerja mesin cuci secara keseluruhan.

Karena itu cara memasang kapasitor mesin cuci sharp hampir sama dengan mesin cuci lain. Namun hanya berbeda merek.