Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Kapasitor Pengering Mesin Cuci

bocahtehnik- Kapasitor pengering mesin cuci merupakan komponen elektronik untuk mesin cuci menyimpan energi listrik dan memberikan daya yang diperlukan. Pasang kapasitor pengering mesin cuci pun terkesan mudah dan tidak ribet, karena itu kapasitor salah satu komponen penting bagi mesin cuci. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini. 

Unsplash.com

Fungsi Kapasitor Pengering Mesin Cuci

Fungsi dari kapasitor pengering mesin cuci yaitu untuk menyimpan energi listrik dan memberikan daya yang diperlukan dalam menjalankan motor pengering mesin cuci. Kapasitor ini difungsikan sebagai filter yang menghilangkan fluktuasi arus sehingga meningkatkan kinerja motor. 

Kapasitor ini juga digunakan untuk mengatur putaran motor dan meningkatkan efisiensi energi mesin cuci. Fungsi lain dari kapasitor pengering mesin cuci berguna untuk membantu menjaga kestabilan arus listrik yang masuk ke motor. 

Karena itu kapasitor memiliki memori listrik, ia dapat menyimpan arus listrik yang tidak digunakan dalam jangka pendek dan mengembalikannya ke sirkuit jika diperlukan. 

Hal ini membantu menjaga kestabilan arus listrik dan meningkatkan efisiensi kerja dari motor pengering mesin cuci.

Pasang Kapasitor Pengering Mesin Cuci

Berikut cara pasang kapasitor mesin cuci:

● Matikan listrik mesin cuci dan pastikan tidak ada tegangan yang masuk ke mesin.
● Buka panel belakang mesin cuci untuk mengakses motor pengering.
● Lepaskan konektor yang menghubungkan kapasitor yang sudah ada dengan motor pengering.
● Pasang kapasitor baru dengan menghubungkan kabel-kabel yang sesuai dengan konfigurasi yang sudah dicatat sebelumnya.
● Pasang panel belakang kembali dan pastikan semua konektor terpasang dengan benar.
● Kemudian, coba nyalakan listrik mesin cuci dan pastikan motor pengering berfungsi dengan baik.

Perlu diingat bahwa beberapa mesin cuci mungkin memiliki desain yang berbeda, jadi pastikan untuk mengikuti petunjuk pemasangan yang disertakan dengan kapasitor baru. Dengan melihat panduan, Anda tidak bingung untuk memasang kapasitor tersebut.

Jika Anda merasa kurang yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam memperbaiki mesin cuci, sebaiknya menghubungi teknisi yang berpengalaman untuk memasang kapasitor pengering pada mesin cuci Anda.

Dengan mengetahui cara pasang kapasitor pengering mesin cuci, Anda dapat mencobanya sendiri sebelum memanggil teknisi berpengalaman. Dengan melihat panduan, Anda dapat belajar mencoba memasang karena biaya teknisi sata ini semakin mahal.