Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci Sanken dengan Mudah

bocahtehnik- Pada umumnya pemasangan kapasitor pada mesin cuci merek Sanken tidaklah jauh berbeda dengan pemasangan pada mesin cuci umumnya. Tentu saja dalam melakukan pemasangan pada kapasitor ini Anda harus membaca diagram kelistrikannya terlebih dahulu barulah bisa melakukan cara pasang kapasitor mesin cuci Sanken.

cara pasang kapasitor mesin cuci Sanken

Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci Sanken

Agar lebih jelas, dapat Anda simak langkah pemasangannya di sini!

Siapkan Peralatan Pemasangan Kapasitor

Sebelum melakukan pemasangan kapasitor baru, alangkah baiknya persiapkan alat yang dibutuhkan dalam pemasangan kapasitor terlebih dahulu semisalnya isolasi listrik, tang, obeng (+) dan cutter.

Bagian yang paling penting adalah kapasitor baru. Di mana dalam memilih kapasitor baru yang akan dipasangkan, Anda harus menyesuaikan ukuran dan spesifikasi. Jika kapasitor yang dipilih jauh berbeda ukuran dan spesifikasi bukan tidak mungkin jika fungsi kapasitor berkurang dalam mesin cuci tersebut.

Langkah Pengerjaan

Setelah menyiapkan peralatan, langsung beralih ke langkah-langkah pengerjaan, antaranya:

● Pertama Anda harus melepaskan penutup bagian body belakang mesin cuci.
● Silahkan temukan kapasitor spinner yang berbentuk kotak atau tabung. Perhatikan ukuran dan spesifikasi kapasitor mesin cuci tersebut.
● Setelah menemukan kapasitor, siapkan suku cadang kapasitor baru yang sesuai dengan ukuran dan spesifikasi sebelumnya. Jika tidak menemukan, maka pastikan ukurannya tidak berselisih jauh.
● Sebelum memasang kapasitor baru, Anda harus melepas atau memotong kabel kapasitor lama yang sudah tidak berfungsi. Lepaskan secara berhati-hati.
● Jika sudah selesai, sambungkan kabel mesin yang telah dipotong dari kabel kapasitor lama dengan kapasitor baru yang sudah Anda beli. Sambungkan erat-erat dan gunakan isolasi listrik untuk mengikat dengan aman.
● Terakhir taruh kapasitor yang telah dipasang di tempat aman, rapikan kembali rangkaian kabel.
● Silahkan cek fungsi kapasitor dengan menyalakan mesin cuci (spinner) jika berfungsi, tata kembali mesin cuci tersebut seperti semula dan memasang penutup body yang dibongkar tadi.

Langkah-langkah di atas memang tidak jauh berbeda dari cara pemasangan kapasitor pada mesin cucinya. Namun, setidaknya dengan pembahasan di atas, Anda tidak akan merasa bingung lagi mengenai cara pasang kapasitor mesin cuci Sanken.