Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ganti Kapasitor Mesin Cuci dengan 1 Tabung

Jika ternyata mesin cuci di rumah Anda tiba-tiba berhenti berputar, dan meskipun berputar, namun putarannya dirasa semakin melambat, maka besar kemungkinan, hal tersebut diakibatkan karena kapasitor pada mesin cuci tersebut telah rusak. Cara terbaik yaitu dengan menggantinya. Bagaimana caranya? Ikuti cara ganti kapasitor mesin cuci berikut ini!

cara mengganti kapasitor mesin cuci 1 tabung
sumber: builder.id


Cara Ganti Kapasitor Mesin Cuci dengan 1 Tabung

Kapasitor pada mesin cuci memiliki fungsi untuk memberi daya listrik tambahan, yang bisa membuat motor dinamo bisa berputar. Dengan kata lain, kapasitor diartikan sebagai perantara pada mesin cuci yang digunakan untuk memutar dinamo pada mesin pencuci (wash) dan juga mesin pengering (spin).

Dengan fungsinya tersebut, memungkinkan kapasitor menjadi salah satu komponen penting pada mesin cuci. Sehingga jika komponen ini rusak, maka mesin cuci tidak bisa berfungsi dengan baik. Bahkan mungkin tidak bisa digunakan lagi.

Cara terbaik untuk mengatasinya tentunya dengan mengganti kapasitor yang rusak tersebut dengan kapasitor yang baru. Bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti panduan ini. 

Namun sebelumnya, Anda perlu tahu, bahwa mesin cuci terdiri dari 1 tabung dan 2 tabung. Dengan kata lain, proses penggantian kapasitor untuk 1 tabung jelas akan berbeda dengan cara penggantian kapasitor 2 tabung yang memiliki 4 kabel.

1.Membuka Cover Belakang Mesin Cuci

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengganti kapasitor pada mesin cuci 1 tabung yaitu dengan membuka cover (penutup) belakang dari mesin cuci tersebut. Anda bisa melakukannya dengan cara melepaskan semua baut yang ada pada cover belakang dari mesin cuci tersebut.

2.Lepaskan Kapasitor yang Menempel pada Mesin Cuci

Setelah membuka cover belakang mesin cuci, Anda bisa melihat sebuah tabung kecil pada mesin cuci. Umumnya berwarna putih ataupun hitam, dan memiliki 2 kabel. Berbeda pada mesin cuci 2 tabung, yang umumnya memiliki 4 kabel. Jika kapasitor tersebut telah Anda temukan, maka cara ganti kapasitor mesin cuci selanjutnya yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan melepaskan kapasitor tersebut dari body mesin cuci.

3.Lihat Jumlah Micro pada Kapasitor

Pada umumnya, setiap mesin cuci memiliki kapasitor dengan jumlah micro yang berbeda-beda. Untuk memastikan bahwa Anda tidak membeli kapasitor dengan jumlah micro yang tidak tepat, maka Anda bisa melihat jumlah micro yang ada pada kapasitor mesin cuci Anda. 

Pastikan, Anda menggantinya dengan kapasitor yang memiliki jumlah micro yang sama. Karena jika tidak demikian, misalnya jumlah kapasitor tersebut terlalu besar dari yang seharusnya, maka besar kemungkinan, dinamo pada mesin cuci Anda akan cepat panas, bahkan mungkin bisa terbakar.

4.Menyambungkan Kapasitor Baru dengan Dinamo

Karena hanya terdiri dari 2 kabel saja, maka cara ganti kapasitor mesin cuci 1 tabung sebenarnya cukup mudah. Anda bisa memasangnya dengan posisi mana saja, meskipun dibolak-balik. Hanya saja, saat akan melakukan pemasangan ke dinamo, Anda perlu memperhatikan langkah-langkah berikut ini. Diantaranya:

•Dinamo memiliki 3 kabel dengan 3 warna yang berbeda, yaitu merah, hitam, dan juga biru
•Anda bisa menggunakan kabel merah dan juga kabel berwarna hitam dari dinamo tersebut, dan menyambungkannya pada kapasitor yang baru saja Anda beli
•Sementara kabel dinamo berwarna biru dipasangkan pada listrik. Karena memang kabel dinamo dengan warna biru ini berfungsi sebagai daya dari dinamo tersebut

Itu dia beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengganti kapasitor mesin cuci yang rusak. Namun perlu diingat, bahwa cara ganti kapasitor mesin cuci diatas hanya bisa dilakukan pada mesin cuci 1 tabung saja. Sementara untuk mesin cuci 2 tabung, cara penggantian kapasitor ini akan berbeda dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan diatas.