Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mudah Pasang Kabel Kapasitor Mesin Cuci 1 Tabung

bocahtehnik-  Mesin cuci yang tidak berfungsi maksimal salah satunya disebabkan karena kabel kapasitor yang perlu diganti. Cara pasang kabel kapasitor mesin cuci sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus memanggil tukang agar lebih hemat biaya.

Pasang Kabel Kapasitor Mesin Cuci
Masputz.com

Ada berbagai macam jenis mesin cuci yang secara jelas perbedaannya terlihat dari jumlah tabungnya. Mesin cuci terbaru adalah yang menggunakan satu tabung sekaligus untuk mencuci dan pengering pakaian. Ternyata cara pemasangan kapasitor tiap jenis mesin cuci berbeda dan akan dibahas dalam artikel ini.

Cara Pasang Kabel Kapasitor Mesin Cuci 1 Tabung

Jika mesin cuci sudah lama digunakan, semakin lama kabel kapasitornya harus diganti. Pasalnya ada perubahan kekuatan mencuci yang sangat terlihat ketika kabel kapasitor bermasalah, berikut ini cara memasang kabel kapasitor sendiri di rumah untuk mesin cuci 1 tabung:

1. Lihat Jenis Kapasitor

Coba cek terlebih dahulu jenis kapasitor yang dibutuhkan oleh mesin cuci Anda di rumah. Biasanya kapasitor mesin cuci 1 tabung hanya memiliki dua warna kabel yang boleh dibolak balik pemasangannya.
Ada juga yang kabelnya terdiri dari tiga sampai empat kabel.  

Sebelum membeli yang baru lihat dan samakan dengan yang dibutuhkan mesin cuci, karena ada mesin cuci yang membutuhkan dua kapasitor yang terintegrasi dalam satu body yang berfungsi untuk mencuci dan mengering.

2. Proses Pemasangan

Caranya buka penutup mesin cuci yang ada di belakang dan lihat kapasitor yang menempel di bagian bawah, lepas lalu ganti yang baru. Sesuaikan biasanya yang mengarah ke pencuci adalah yang besar nilainya dan yang kecil adalah pengering dan warna kabelnya bahkan sudah ada yang tertera di mesin cuci.

Itu dia cara pasang kabel kapasitor mesin cuci khusus 1 tabung. Jika takut selama pemasangan coba matikan aliran listrik dengan mencabut kabel mesin cuci dari saluran listrik agar tidak membahayakan pemasang kabel kapasitor apalagi jika memasangnya sendiri.