Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-langkah Cara Memasang Kapasitor Pengering Mesin Cuci

bocahtehnik- Kapasitor menjadi salah satu komponen penting yang harus terpasang ke dalam perangkat elektronik termasuk alat mesin cuci. Pemasangan kapasitor sendiri tergantung pada berapa banyak kabelnya. Jika terdapat dua kabel maka kapasitor akan dipasang ke kabel dinamo pengering. Lebih jelasnya bisa Anda simak dibawah mengenai cara memasang kapasitor pengering mesin cuci.

cara memasang kapasitor pengering mesin cuci
ardutech.com

Cara Memasang Kapasitor Pengering Mesin Cuci

Pemasangan kapasitor pada pengering mesin cuci kasusnya akan terjadi ketika kapasitor memiliki 2 kabel. Untuk lebih lanjutnya, simak informasi berikut ini.

Mengenal Fungsi Kapasitor Pada Mesin Cuci

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwasannya kapasitor merupakan komponen penting, yang mana kapasitor berperan sebagai penyimpan muatan listrik untuk memberikan daya pada dinamo mesin.
Sederhananya kapasitor pada mesin cuci berfungsi untuk memberi daya listrik tambahan, sehingga motor dinamo dapat berputar. Dengan perputaran dinomin inilah yang membuat mesin cuci dapat bekerja.

Sebab untuk menggunakan mesin cuci, perputaran dinamo membutuhkan daya listrik yang lebih banyak.
Kapasitor yang rusak tentu dapat mempengaruhi fungsi kapasitor itu sendiri. Maka dari itu, perlu tahu cara memasang kapasitor dengan baik. Penjelasannya bisa Anda simak di bawah ini.

Langkah-langkah Memasang Kapasitor pada Mesin Pengering

Kapasitor yang memiliki 2 kabel ini Anda hanya perlu menyambungkan kedua kabelnya ke dinamo pengering. Mengenai langkah-langkahnya pun tidak jauh berbeda dengan cara pemasangan kapasitor pada umumnya, berikut ini lebih jelasnya:

● Pastikan Anda telah mendapatkan kapasitor baru dengan nilai yang sesuai dan arah kabel yang telah diketahui. Karena Anda memasang kapasitor pada mesin pengering saja, maka gunakan kapasitor berkabel 2.

● Anda hanya perlu melepaskan kapasitor lama dan melakukan penyambungan kapasitor baru dengan instruksi arah pada kabel. Di mana untuk memasang kapasitor pada pengering mesin ialah menyambungkan kabel kecil ke spin atau pengering. Sebaliknya jika terdapat kabel besar sambungkan ke mesin pencuci atau wash.

Melakukan pemasangan kapasitor sebetulnya Anda tidak perlu berpatok pada warna kabel, sebab kapasitor baru yang akan dipasang akan berbeda. jadi, penyambungannya berdasarkan ukuran kabel itu sendiri.

Nah demikian penjelasan mengenai cara memasang kapasitor pengering mesin cuci yang bisa Anda pahami.