Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Kapasitor Mesin Cuci 2 Tabung Sharp dengan Mudah

bocahtehnik- Sharp menjadi salah satu brand alat elektronik terkemuka di Indonesia terutama dalam elektronika mesin cuci. Mesin cuci sendiri bekerja dengan adanya komponen-komponen di dalamnya terutama  bagian kapasitor. 

cara memasang kapasitor mesin cuci 2 tabung Sharp
pixabay

Ketika kapasitor mesin cuci sharp rusak maka Anda harus melakukan cara memasang kapasitor mesin cuci 2 tabung Sharp  bagi Anda yang menggunakan jenis ini.

Cara Memasang Kapasitor Mesin Cuci 2 Tabung Sharp

Jika masing bingung mengenai pemasangan kapasitor mesin cuci 2 tabung bisa Anda simak penjelasannya dalam artikel kali ini.

Perhatikan Ukuran Kapasitor Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

Bagian yang paling penting dalam melakukan pemasangan kapasitor pada mesin cuci ialah dengan memperhatikan ukuran kapasitornya. Sebab, jika Anda pilih ukuran kapasitor maka ketahanan motor mesin cuci akan terpengaruh bahkan mungkin fungsinya tidak seperti semula.

Maka dari itu penting sekali untuk memperhatikan ukuran kapasitor mesin cuci itu sendiri mulai dari tingkat tinggi—rendahnya ukuran kapasitor hingga spesifikasi.

Secara umum, ukuran kapasitor dihitung dengan satuan ukuran Mf—Mikrofarad. Mesin cuci Sharp 2 tabung sendiri biasanya menggunakan ukuran kapasitor  8, 10 ataupun 12 Mf. Sedangkan tabung pengering mesin cuci menggunakan ukuran kapasitor 4,5 atau 6 Mf.

Meski pada dasarnya ukuran kapasitor mesin cuci Sharp ini sangatlah bervariasi tergantung jenis unit itu sendiri.

Pemasangan Kapasitor Mesin Cuci

Secara umum penggantian kapasitor mesin cuci sangatlah mudah, di mana Anda hanya perlu menyambungkan kable kapasitor dengan kabel penyambung dalam mesin tanpa terbalik.

Seperti cara pemasangan mesin cuci pada umumnya, Anda harus membongkar penutup bagian belakang untuk menemukan kabel kapasitor.

Setelah menemukan kapasitor lama silahkan lepaskan sambungannya dan lakukan pemasangan kapasitor baru.
Pada mesin cuci dua tabung umumnya terdapat 4 kabel 2 kabel dinamo pencuci dan 2 kabel dinamo pengering. 

Pastikan Anda tidak salah menyambungkan kabelnya, dimana kabel dinamo pengering memiliki angka micro yang lebih kecil dan sebaliknya dengan dynamo pencuci. Silahkan pasang kapasitor dengan sesuai dengan ukuran dynamo itu sendiri.

Pastikan pemasangan tidak terbalik. Jika sudah melakukan pemasangan simpan kembali kapasitor pada tempat aman seperti semula.

Langkah-langkah tersebut bisa Anda lakukan sendiri untuk melakukan cara memasang kapasitor mesin cuci 2 tabung Sharp.