Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi SCTV Tidak Tersedia di TV Digital

bocahtehnik- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sedang menjalankan proses migrasi dari televisi Analog ke televisi Digital.

Dalam migrasi ini, ada beberapa dampak yang dapat dirasakan oleh para pengguna TV. Salah satunya adalah hilangnya beberapa siaran atau saluran TV, seperti SCTV (Surya Citra Televisi).

sctv tidak ada di tv digital
wikipedia


Pengguna TV mungkin belum menggunakan STB (Set Top Box) seperti yang sudah dianjurkan oleh Kominfo. Namun, jika sudah menggunakan STB atau TV digital, masih tetap tidak ada siaran SCTV, maka ini bisa menjadi masalah.

Hal ini pasti akan membuat para pengguna sedikit gusar karena tidak bisa menyaksikan acara favorit mereka melalui channel SCTV. Jika Anda mengalami hal ini, kami sudah menyediakan penjelasan lengkap untuk menjawab pertanyaan Anda.

Penyebab SCTV Tidak Ada di TV Digital

Ketiadaan saluran SCTV pada TV digital mungkin tidak hanya terjadi pada SCTV saja, melainkan juga pada saluran lain seperti RCTI. Hal ini membuat pengguna bertanya-tanya mengenai penyebabnya. 

Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi tidak adanya saluran Surya Citra Televisi pada TV digital:

Jangkauan Wilayah

Faktor utama adalah jangkauan wilayah. Daerah Anda mungkin belum tercakup dalam jangkauan siaran TV digital.

Posisi Antena yang Tidak Tepat

Posisi antena televisi yang tidak tepat juga dapat menjadi penyebab. Contohnya, jika arah antena tidak tertuju ke tower sinyal terdekat.

Kabel Antena Rusak

Kerusakan pada kabel antena, seperti terkelupas atau terputus, dapat mempengaruhi sinyal yang didapat oleh antena dan tidak bisa diteruskan ke STB TV digital.

Jek (STB – Antena) yang Tidak Terhubung dengan Baik

Salah satu penyebab lain adalah jek yang menghubungkan antena dan STB yang tidak terpasang dengan benar. Hal ini akan mempengaruhi penyampaian sinyal dari antena ke STB.

Dengan demikian, beberapa faktor inilah yang mempengaruhi kenapa SCTV tidak ada pada TV digital. Jika salah satu dari faktor-faktor ini terjadi, maka SCTV tidak akan tersedia pada TV digital.

Cara Mengatasi SCTV Tidak Tersedia pada TV Digital

Setelah mengetahui penyebab mengapa SCTV tidak tersedia pada TV digital, selanjutnya adalah mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut. 

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi SCTV yang tidak tersedia pada TV digital:


Periksa Jangkauan Wilayah Anda

Jika masalah ini disebabkan karena wilayah Anda berada di luar jangkauan siaran TV digital, solusinya adalah dengan melakukan pengecekan. Periksalah apakah wilayah Anda sudah tercakup dalam jangkauan siaran TV digital.
Anda dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi "sinyal TV digital" yang tersedia untuk diunduh melalui Google Play Store. Saat melakukan pengecekan, aplikasi tersebut akan memberikan informasi tentang lembaga penyiaran multipleksing (mux) yang menjangkau wilayah Anda.

Atur Posisi Antena

Jika masalah ini disebabkan karena posisi antena yang kurang tepat, solusinya adalah dengan mengubah arah posisi antena ke tower sinyal terdekat. Namun, jika sinyal di wilayah Anda lemah, TV digital masih akan sulit untuk menerima Set Top Box (STB) dan sinyal TV digital.

Ganti Kabel Antena

Masalah lain yang mungkin menyebabkan SCTV tidak tersedia pada TV digital adalah kabel antena yang rusak. Solusinya adalah dengan mengganti kabel antena dengan kabel baru.

Periksa Koneksi Jek Antena dan STB

Masalah lain yang mungkin menyebabkan SCTV tidak tersedia pada TV digital adalah koneksi jek antara STB dan antena yang tidak terpasang dengan benar. Solusinya adalah dengan memeriksa dan memasang ulang koneksi jek tersebut.