Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Jika Kapasitor Lebih Besar? Aman atau Tidak, Ini Jawabannya

bocahtehnik - Pertanyaan mengganti kapasitor kerap kali muncul salah satunya untuk mesin air atau bahkan alat elektronik lainnya.  Pertanyaan bagaimana jika kapasitor lebih besar? sebenarnya pertanyaan pada mesin umum namun akan diberi contoh mesin air sebagai gambarannya.

Bagaimana Jika Kapasitor Lebih Besar
ilmusiana.com

Ketika kapasitor ditambah dengan nilai yang lebih besar ada keuntungan dan kekurangan yang akan didapatkan. Untuk cari aman Anda bisa menggunakan besaran kapasitor sesuai dengan kebutuhan arus dan tegangan listrik untuk memulai pompa air pertama kali dipakai.

Bagaimana Jika Kapasitor Lebih Besar? Ini Penjelasannya!

Seperti yang dijelaskan sebelumnya ada dampak positif dan negatif ketika mengganti kapasitor menjadi lebih besar.  Anda sebagai pemilik mesin mungkin punya alasan tersendiri kenapa ingin mengganti kapasitor dengan yang tidak sesuai ukuran, berikut ini jawabannya:

1. Dampak Positif

Pada pompa air ketika kapasitor diperbesar maka kecepatan putar dinamo akan cepat pula. Meningkatnya kecepatan ini dengan harapan air yang mengalir bisa keluar lebih deras sehingga pengisian bak mandi atau kebutuhan air lainnya bisa cepat terisi. 

Bahkan ada beberapa orang yang mengira jika semakin cepat mengisi air maka akan semakin cepat pula air terisi dan tagihan listrik bisa mengecil. Tapi, segala keuntungan itu mungkin tidak akan sebanding dengan dampak negatifnya yang ada di bawah ini.

2. Dampak Negatif

Dampak negatif yang didapatkan adalah dynamo bisa menjadi lebih cepat panas dan bisa sara terbakar atau putus jika sudah tidak kuat.  Hal ini lantaran dynamo menerima arus tegangan listrik yang tidak sesuai dengan kebutuhannya, kapasitor akan mudah lelah dan akhirnya panas.

Itu dia jawaban dari pertanyaan bagaimana jika kapasitor lebih besar?. Meski banyak yang mengira hal tersebut lebih baik tapi faktanya tidak, ada dampak buruk jika sesuatu dipaksakan termasuk kapasitor. Jadi, jika ingin mencari suku cadang baik untuk pompa air atau lainnya coba untuk mencari kapasitas sama sesuai kebutuhan mesin.