Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Kabel Kapasitor Boleh Terbalik? Ini Jawabannya

bocahtehnik - Meskipun tergolong mudah, tapi memasang kabel kapasitor boleh terbalik atau tidak kadang jadi tanda tanya yang rumit. Untuk mengamankannya Anda perlu menghubungkan beberapa komponen dengan cara paralel. Lalu, apakah kabel kapasitor boleh terbalik? Coba baca terlebih dahulu tulisan ini sampai selesai!.

Apakah Kabel Kapasitor Boleh Terbalik?
jasalistrik.com

Kapasitor sama seperti baterai punya kutub positif dan negatif, mereka tidak boleh tercampur selama pemasangan. Pada umumnya kabel hitam berarti negatif sedangkan kabel oranye artinya positif dengan tanda negatif – dan positif +.

Kesimpulannya, Apakah Kabel Kapasitor Boleh Terbalik?

Kapasitor polar biasa dikenal dengan sebutan elco dengan tegangan kerja yang berbeda-beda. Biasanya terdapat batas maksimal tegangan yang boleh dan yang tidak boleh dan sudah tertulis dalam bodynya. Jadi sudah jelas jika dalam pemasangannya tidak boleh terbalik, jika sampai terjadi maka bisa mengakibatkan:

1. Rusak dan Meledak

Risiko paling buruk saat kapasitor tidak dipasang dengan baik adalah bisa rusak atau meledak. Sudah pasti kapasitor dalam mesin tidak akan bisa digunakan lagi baik dalam jangka panjang maupun pendek jika sampai terjadi.

2. Kerusakan Ringan

Jika Anda masih beruntung mungkin kapasitor tidak akan meledak tapi tetap mengalami kerusakan ringan. Pastinya kerusakan ini membutuhkan waktu lagi atau bahkan membeli peralatan baru untuk dipakai pada kapasitor sebagai gantinya. Tentu saja alat ini mempunyai harga yang tidak murah dan bisa merembet ke komponen lainnya.

3. Tidak Tahan Lama

Mungkin kapasitor yang terbalik tidak akan langsung meledak atau rusak ringan tapi bisa saja alat tidak berfungsi lama. Fungsinya juga tidak optimal sehingga butuh bantuan alat lainnya yang bisa dipilih dan wajib digunakan dalam jangka panjang.

Tips supaya kapasitor bisa berfungsi maksimal coba untuk menghubungkan dengan baterai menggunakan kabel kualitas tinggi ataupun soket untuk memindainya. Itulah risiko yang sangat mungkin terjadi jika sampai pemasangan kapasitor terbalik. Jadi, jawaban apakah kabel kapasitor boleh terbalik? jawabannya tidak boleh karena memberikan banyak kerugian.