Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Fungsi Kapasitor Mesin Cuci?

bocahtehnik - Dinamo pada mesin cuci tidak akan berputar jika tidak ada bantuan dari kapasitor. Mengingat fungsi kapasitor mesin cuci yang begitu penting, kapasitor harus selalu dijaga dan dirawat dengan baik. Jika terjadi kerusakan, harus segera diganti. Umumnya, setiap motor penggerak akan menggunakan satu kapasitor.

Fungsi Kapasitor Mesin Cuci
unsplash.com

Kapasitor memiliki beragam jenis, namun yang biasa digunakan terutama pada mesin cuci dua tabung adalah yang jenis empat kabel. Karena pada mesin cuci tersebut terdapat dua dinamo berbeda yaitu untuk mencuci dan mengeringkan baju. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini terkait kapasitor pada mesin cuci.

Fungsi Kapasitor Mesin Cuci

Kapasitor merupakan komponen kelistrikan yang biasa digunakan untuk menyimpan muatan listrik. Sebuah kapasitor terdiri dari dua keping penghantar listrik yang dibatasi oleh isolator listrik berupa bahan dielektrik. Kepingan itulah yang akan diberi muatan listrik dengan jumlah yang sama, namun ada yang bermuatan positif dan negatif. Listrik yang tersimpan di kapasitor akan menjadi daya tambahan untuk motor dinamo saat pertama kali berputar.

Karena saat dinamo berputar pertama kali memerlukan daya listrik yang cukup banyak. Oleh karena itu, apabila kapasitor mengalami kerusakan, motor dinamo tidak akan berputar dan pada akhirnya mesin cuci pun tidak dapat digunakan. Lalu, apa faktor penyebab kapasitor mesin cuci rusak?

Faktor Penyebab Kerusakan Pada Kapasitor 

Faktor utama yang menyebabkan kapasitor mesin cuci rusak adalah pemakaian yang sudah lama. Selain itu, penggunaan mesin cuci yang salah juga bisa menjadi penyebab lainnya seperti memasukkan pakaian melebihi kapasitas mesin cuci. Jadi, Anda perlu merawat mesin cuci dengan baik dan bijak dalam menggunakannya agar usia mesin cuci dapat bertahan lama, terlebih Anda sudah mengetahui fungsi kapasitor mesin cuci sangatlah penting.

Ciri-Ciri Kapasitor Rusak dan Cara Mengatasinya

Kapasitor yang rusak terdiri dari dua macam, yaitu kapasitor lemah dan kapasitor rusak.

1. Kapasitor Lemah

Kondisi dimana mesin cuci tidak berputar, cobalah untuk membantu menggerakkannya dengan tangan dan mesin cuci akan kembali berputar. 

2. Kapasitor Rusak

Kapasitor yang rusak dapat diketahui dari fisik bahkan suara mesinnya. Seperti kapasitor yang meleleh atau menggelembung, motor dinamo tidak berputar tapi mengeluarkan suara berdengung, dan terdapat bagian yang gosong atau bekas terbakar.

Untuk mencegah kerusakan terjadi, Anda dapat memeriksa kondisi kapasitor dengan bantuan alat multitester digital untuk mengukur satuan mikro farad (μF) dan multitester analog untuk mengukur hambatannya. Jika kapasitor sudah rusak, sebaiknya ambil langkah untuk memperbaikinya sesegera mungkin dan menggantinya dengan yang baru. Anda dapat mengganti kapasitor secara mandiri atau meminta bantuan teknisi mesin cuci.

Demikian penjelasan mengenai fungsi kapasitor mesin cuci yang dapat mempengaruhi kinerja mesin cuci itu sendiri. Selalu periksa kondisi kapasitor pada mesin cuci Anda.