Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci 4 Kabel

Pada umumnya, mesin cuci terdiri dari 2 jenis, yaitu mesin cuci dengan 1 tabung, yang menggunakan kapasitor dengan 2 kabel, serta mesin cuci 2 tabung, yang dilengkapi kapasitor dengan 4 kabel. Bagi Anda yang kebetulan memiliki mesin cuci 2 tabung, sementara kapasitor pada mesin cuci tersebut mengalami kerusakan, sehingga perlu menggantinya dengan baru, maka Anda bisa melakukan cara pasang kapasitor mesin cuci 4 kabel berikut ini!

cara ganti kapasitor 4 kabel
sumber: futureloka


Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci 4 Kabel pada Mesin Cuci 2 Tabung

Seperti yang telah dusebutkan diatas bahwa mesin cuci 2 tabung pada umumnya memiliki kapasitor dengan 4 kabel. Dengan kata lain, cara pasang kapasitor mesin cuci 4 kabel ini akan berbeda dengan cara pemasangan kapasitor untuk mesin cuci 1 tabung yang hanya memiliki 2 kabel.

Bukan hanya itu saja, kapasitor pada mesin cuci 2 tabung juga memiliki bentuk yang jelas berbeda dengan kapasitor yang ada pada mesin cuci 1 tabung. Dimana pada mesin cuci 2 tabung ini, kapasitor yang digunakan berbentuk kotak, dan berwarna hitam. 

Sementara pada mesin cuci 1 tabung, kapasitor yang digunakan biasanya berbentuk tabung, dan berwarna putih, maupun hitam. Bagi Anda yang memiliki mesin cuci 2 tabung, dan kebetulan ingin mengganti kapasitor mesin cuci tersebut, maka Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini. Diantaranya:

1.Membuka Penutup (Cover) Belakang Mesin Cuci

Karena kapasitor pada mesin cuci terletak di bagian belajang mesin cuci, maka cara pasang kapasitor mesin cuci 4 kabel pada mesin cuci 2 tabung ini diawali dengan membuka penutup (cover) belakang dari mesin cuci tersebut. Adapun caranya yaitu dengan melepaskan semua baut yang digunakan untuk pengunci penutup (cover) mesin cuci.

2.Mencari Tahu Jumlah Micro dari Kapasitor

Sebelum melakukan pemasangan kapasitor 4 kabel dengan yang baru, maka sebelumnya Anda perlu tahu mengenai jumlah micro dari kapasitor tersebut. Adapun cara untuk mengetahuinya yaitu dengan cara melepaskan kapasitor dari body mesin cuci, kemudian lihat jumlah micro yang tertulis pada body kapasitor. Biasanya, jumlah micro kapasitor yang digunakan pada mesin cuci yaitu sebesar 3 dan 6, ataupun 6 dan juga 10, dengan satuan Farad (µF).

3.Menyambungkan Kabel Kapasitor

Setelah menemukan kapasitor dengan jumlah micro yang sesuai dengan mesin cuci 2 tabung yang Anda gunakan di rumah, maka kini waktunya untuk memasangkannya ke body mesin cuci. Adapun caranya yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. Diantaranya:

•Cari 2 kabel pada kapasitor yang memiliki jumlah micro terbesar, kemudian pasangkan 2 kabel tersebut ke dinamo yang digunakan pada mesin pencuci (wash)
•Selanjutnya, pasangkan 2 kabel lainnya pada kapasitor dengan jumlah micro terkecil, yang ada pada dinamo yang terpasang pada mesin pengering (spin)

4.Menutup Kembali Penutup (Cover) Mesin Cuci

Dengan melakukan sejumlah langkah-langkah diatas, maka bisa dikatakan, cara pemasangan kapasitor mesin cuci 4 kabel yang telah Anda lakukan tersebut telah selesai. Dengan demikian, kini Anda bisa menutup kembali penutup (cover) mesin cuci tersebut, dengan cara memasangkan kembali baut-baut yang sebelumnya telah Anda lepaskan.

Itu dia cara pasang kapasitor mesin cuci 4 kabel yang bisa Anda lakukan untuk mengganti kapasitor pada mesin cuci 2 tabung yang Anda miliki. semoga informasi diatas bisa membantu Anda dalam melakukan pemasangan kapasitor sendiri, tanpa harus membawanya ke tempat servis mesin cuci. Semoga berhasil!