Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa STB Tidak Ada Sinyal? Simak Alasan Jelasnya di Sini!

bocahtehnik - Tentunya, menonton televisi dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk menghabiskan waktu. Ada banyak orang yang mengisi waktu kosong dengan menonton televisi juga. Dibandingkan dengan bermain HP, jauh lebih baik untuk menonton televisi bagi kesehatan mata. Anda dapat menyaksikan siaran yang diinginkan setelah menyelesaikan persoalan kenapa STB tidak ada sinyal?  

kenapa STB tidak ada sinyal
Unsplash.com 

Ada berbagai macam penyebab yang jelas untuk hal ini juga. Memang benar halnya jika siaran sudah diganti dalam bentuk digital dan Anda harus punya STB untuk menangkap siaran.  Karena itu, banyak orang mencari informasi berkaitan dengan STB. Anda juga dapat melakukan hal yang sama dan mencari cara perbaikan terbaik jika ada masalah pada STB. 

Kenapa STB Tidak Ada Sinyal? Ini Alasannya!

Untuk Anda yang merasa kesulitan dalam banyak hal karena masalah STB, memperbaikinya merupakan hal penting untuk dilakukan. Salah satu masalah yang secara umum terjadi pada STB adalah kerusakan karena hilangnya sinyal. Ada berbagai macam penyebab yang dapat diatasi dengan mudah juga. Berikut ini beberapa penyebab umum dari STB yang tidak ada sinyal:

1. Kualitas antena 

Hal pertama yang harus Anda perhatikan jika terjadi masalah ada pada kualitas antena yang dipilih. Anda harus memastikan kalau antena yang digunakan mempunyai kualitas yang baik juga. Pesawat televisi dan juga STB memang membutuhkan antena yang bagus untuk menangkap siaran. Anda harus memastikan untuk membeli antena yang tepat. Penempatan dan ukurannya juga penting. 

2. Posisi antena 

Seperti yang sudah Anda baca sebelumnya, posisi antena juga penting untuk diperhatikan. Anda harus memastikan kalau antena yang tepat diletakkan pada posisi yang sesuai. Tempat yang penuh bangunan biasanya akan sulit mendapatkan sinyal. Bahkan, kualitasnya bisa berubah drastis hanya dengan sedikit sentuhan. Dalam kenapa STB tidak ada sinyal, besar kemungkinan karena posisi. 

3. Adanya masalah kabel 

Penyebab lainnya yang menyebabkan Anda kesulitan menangkap siaran digital dengan STB adalah masalah pada kabel yang ada.  Sambungan kabel antara penghubung antena dan TV menjadi hal penting. Jika ada beberapa komponen yang mengalami kerusakan. Maka, hal ini akan menyebabkan sinyal tidak dapat terdeteksi juga.  Colokan yang rusak karena debu juga dapat mengganggu proses.
 
Tentunya, setelah mengetahui kenapa STB tidak ada sinyal, Anda harus tahu langkah untuk mengatasinya juga. Ada banyak langkah yang dapat Anda manfaatkan. Cukup gunakan langkah sederhana untuk proses mengatasinya. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan penyebab yang ada. Panggil ahlinya jika memang merasa bingung dalam melakukan pengaturan.