Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Cara Setting TV Digital tanpa Set Top Box dengan Mudah!

bocahtehnik - Himbauan pemerintah untuk segera beralih ke tv digital nampaknya menimbulkan antusias bagi masyarakat untuk mencari peralatan tambahan berupa set top box. Apalagi batas akhir yang dicanangkan pemerintah adalah 2 november 2022 kemarin. Antusias untuk membeli set top box pun meningkat. Sebelum Anda membeli set top box, ada baiknya Anda mengecek apakah televisi Anda butuh set top box atau tidak atau cukup ketahui cara setting tv digital tanpa set top box.

selular.id

Ada beberapa televisi yang memang tidak memerlukan set top box untuk menangkap siaran tv digital karena didalamnya sudah terinstal DVB-T2. Hanya televisi yang belum terinstal DVB-T2 dan tv analog lah yang memerlukan peralatan tambahan seperti set top box. Jadi Anda tak terburu-buru membeli STB. Pelajari saja dulu cara setting tv digital tanpa set top box agar tetap bisa menikmati siaran digital.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Setting TV Digital tanpa Set Top Box

Sebelum bermigrasi ke siaran digital, Anda bisa melakukan pengecekan ulang terhadap tv digital Anda. Apakah sudah menggunakan perangkat DVB-T2 atau belum. Hanya televisi yang DVB-T2 lah yang bisa menangkap siaran digital tanpa set top box. Untuk mengecek apakah televisi Anda sudah terdapat fitur DVB-T2 atau belum bisa dengan cara berikut.

● Anda bisa mengunjungi website resmi kominfo. https://siarandigital.kominfo.go.id/
● Pilih menu perangkat tv digital
● Selanjutnya pilih menu kategori
● Kemudian klik televisi
● Jika televisi Anda sudah digital maka akan tertera informasi merk televisi dan juga tipenya. Jika tidak maka akan muncul keterangan mohon maaf tidak terdaftar.

Cara Setting TV Digital tanpa Set Top Box

Setelah Anda mengetahui jika televisi Anda bisa menangkap siaran digital. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan men-setting tv digital Anda. Caranya sebagai berikut.

● Pilihlah menu pengaturan di program tv Anda.
● Pilih menu auto tuning
● Selanjutnya pilih opsi menggunakan DB2 atau memakai antena
● Terakhir klik tombol start untuk mencari saluran tv digital.
● Jika televisi Anda menangkap saluran digital maka Anda tidak memerlukan set top box.

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan menghubungkan jack input built- HDTV, DTV, Digital Ready, HD Ready, Digital Tuner, dan lainnya  dengan antena kemudian setting tv digital tanpa set top box.

Itulah cara setting tv digital tanpa set top box yang bisa Anda coba dan praktekkan sendiri dirumah. Jika cara-cara diatas belum bisa digunakan, kemungkinan televisi Anda memang membutuhkan set top box.