Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Kode Lokasi TV Digital Jawa Barat Terkini

bocahtehnik - Mengetahui kode lokasi TV digital jawa barat ini tentu wajib Anda ketahui sebelum melakukan pemindaian pada siaran Televisi digital atau ketika akan mensetting pada set top box (STB). Karena itu Untuk Anda yang belum mengetahui kode lokasi TV digital jawa barat Anda, maka mengetahui informasi ini jelas penting untuk mensetting perangkat set top box (STB) Anda.

daftar kode lokasi tv digital di jawa barat
calmclinic.com

Informasi tentang kode lokasi TV digital jawa barat harus Anda ketahui karena pada nantinya bisa mempermudah perangkat yang Anda gunakan dalam memindai lokasi atau daerah Anda sekarang ini.

Cara Mengecek Kode Area TV Digital Dengan Mudah

Untuk Anda yang penasaran dengan Cara Mengecek Kode Area TV Digital, langsung saja simak pembahasan di bawah ini:

A. Kode Lokasi TV Digital Jawa Barat

Berikut adalah kode lokasi TV digital jawa barat:

- Bogor, Ciomas: 16610

- Ciamis, Banjarmasin, Ciherang: 46363

- Cirebon, Gerbang, Melakasari: 45191

- Pangandaran, Padaherang, sindawangi: 46364.

- Bekasi, serang baru, sukasari: 17330

- Sukabumi, warung kiara, sirnajaya: 43362

- Kuningan, cibubur, cisalanta: 455552

- Garut, cisewu, pamalayan: 44166

- Purwakarta, cibantu, cilandak: 41181

- Tasikmalaya, salawu, salawu: 46471

- Cianjur, camande, jamali: 43292

- Sukamanah, cianjur, cimande: 43292

- Sumedang, jatigede, cijeungjing: 45377

- Bandung barat, cikalong wetan, cipta gumati: 40556

- Majalengka, dawuan, baturuyuk: 45453

- Garut, cisurupan, cisurupan: 44163

- Purwakarta darangdan, linggasari: 41163

- Kuningan, lebakwangi, cipetir / cipetir: 45574

- Majalengka, majalengka, sidamukti: 45411 

B. Migrasi Siaran Analog ke Digital

Terhitung sejak bulan November 2022 ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi menonaktifkan siaran televisi analog atau Analog Switch Off (ASO) dan berpindah ke siaran digital. Penghentian ini dijalankan dengan bertahap, dimulai dari beberapa daerah yang memang sudah memadai, salah satunya adalah untuk daerah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

Pada proses migrasi ke televisi digital tersebut, salah satu infrastruktur yang terpenting ialah perangkat multipleksing (MUX). MUX berfungsi mengelola sistem siaran dengan efisien, yaitu menjadikan satu kanal frekuensi agar dapat dipakai bersama - sama. Hal itu tidak sama seperti pada sistem analog yang Cuma dapat menayangkan satu siaran saja pada satu kanal frekuensi.

Penggunaan MUX tersebut menjadikan siaran televisi menjadi makin kaya dan membentuk infrastructure sharing dengan multipleksing. Satu kanal frekuensi bisa menyiarkan sampai dua belas program siaran dalam satu waktu.

Selain itu untuk masyarakat yang masih menggunakan televisi analog maka akan bisa menggunakan perangkat STB agar mendapatkan sinyal. Mengetahui kode area TV ini agar pemindaian siaran TV digital atau ketika menggunakan perangkat STB di TV agar lokasi anda bisa mudah diketahui oleh perangkat TV Digital.

kelebihannya, tampilan televisi serta suara menjadi makin jernih karena sudah disesuaikan dengan frekuensi Televisi digital terdekat. Setelah itu, perangkat STB yang sudah disetting dengan kode lokasi atau kodepos TV Digital akan memberi peringatan lewat siaran digital dengan fitur EWS (Early Warning System).

Program pemerintah migrasi TV analog Ke siaran digital melalui Kominfo sudah dijalankan pada proses bertahap. Masyarakat yang memakai Televisi analog juga bisa membeli STB yang sudah bersertifikasi Kominfo agar bisa mendapatkan sinyal siaran layaknya Televisi Digital.

Itulah pembahasan mengenai kode lokasi TV digital jawa barat yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan siaran tayangan.