Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Nex Parabola Termasuk TV Digital? Ini Perbedaannya!

bocahtehnik - Maraknya TV Digital saat ini tak lepas dari perjalanan awalnya dengan keberadaan  tv parabola terlebih dahulu. Pertanyaannya apakah Nex Parabola termasuk TV Digital atau bukan? Pasalnya parabola ini bisa memberikan banyak channel TV layaknya fungsi dari TV Digital.

Apakah Nex Parabola Termasuk TV Digital
cnnindonesia.com

Untuk membedakan TV Digital dan TV parabola ini sudah sangat jelas terlihat. Selain dari sistem yang dipakai kekuatan sinyalnya juga sampai pada jumlah channelnya. Agar tidak keliru di bawah ini akan diberikan beberapa perbedaan T Digital dan analog serta pembahasan mengenai Nex Parabola.

Jawaban dari Apakah Nex Parabola Termasuk TV Digital

Mari bahas satu persatu terlebih dahulu mengenai TV Digital dan TV Parabola. Setelah pemahaman mengenai keduanya jelas, baru lanjut ke pembahasan mengenai Nex Parabola yang sebagian orang masih bertanya-tanya kesamaannya.

1. TV Digital

Untuk TV digital merupakan TV yang memanfaatkan teknologi modulasi baru dan sistem kompresi dengan basis digital. Fungsinya untuk menangkap sinyal gambar, suara dan data ke siaran TV yang sudah diperbarui.

Karena menjadi TV yang lebih mutakhir ada beberapa sistem TV yang  sudah diperbarui. Berbeda dengan TV parabola yang masih menggunakan teknologi lama.

Keunggulan TV Digital adalah memberikan jumlah channel yang sangat banyak. Karena itulah penikmat acara televisi akan bisa punya lebih banyak referensi acara.

2. TV Parabola

Jangkauan TV Digital belum sampai ke pelosok negeri itulah kenapa TV Parabola masih menjadi pilihan. Istilah lain dari TV Parabola adalah TV satelit karena sistem yang mendukung penggunaan parabola atau antena.

Parabola fungsinya untuk menangkap sinyal dari pemancar yang bisa ditampilkan di TV hingga bisa memberikan gambar dan suara. Kelemahan parabola adalah harus menggunakan set top box jika ingin menangkap siaran TV Digital.

3. Nex Parabola

Nex Parabola merupakan televisi satelit yang berlangganan di Indonesia  milik Surya Citra Media. Meski masih berbentuk parabola tapi Nex bisa memberikan jumlah channel yang banyak seperti TV Digital bahkan bisa dipakai untuk berlangganan Piala Dunia.

Biaya langganan bulanannya juga terjangkau. Platform Nex parabola memang berbayar yang bisa dijadikan solusi tontonan masyarakat yang belum membeli TV Digital. Apalagi untuk masyarakat yang tinggal di daerah pelosok maka adanya Nex Parabola ini sangat membantu.

Apakah Nex Parabola termasuk TV Digital tentunya bukan karena masuk kategori parabola. Namun Nex memiliki keunggulan sendiri sehingga tidak kalah jika dibandingkan dengan TV Digital yang saat ini sudah lebih unggul dari segi kualitas dan lainnya dari TV Parabola.