Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4+ Tips Pilih Modul STB TV Digital

bocahtehnik - Berakhirnya siaran televisi menjadi digital membuat tak sedikit orang memutuskan untuk membeli modul STB TV digital sebagai upaya agar bisa kembali menonton siaran televisi.

4 tips untuk memilih STB tv Digital
Istock.com

Namun, perlu diingat membeli STB berkualitas harus diiringi dengan mengikuti tips dan triknya. Maka dari itu simak penjelasannya di sini!

4 Tips Membeli Modul STB TV Digital

1. Temukan Tanda Khusus

Langkah pertama untuk menemukan modul STB untuk TV digital, Anda perlu memastikan adanya label khusus yang tertera pada perangkat STB.

Hasil kutipan Indonesiabaik.id menyarankan pada mereka yang hendak membeli STB  untuk memilih perangkat modul STB yang terdapat label tulisan DVB-T2.

Tak hanya itu para pelanggan pun disarankan untuk membeli STB yang sudah dilengkapi dengan tulisan label "Siap Digital" atau terdapat ikon "MODI". Ikon MODI sendiri adalah maskotnya siaran TV digital di Negara Indonesia.

Jadi jangan sampai asal ambil perangkat STB jika Anda hendak ingin membelinya ya!

2. Lihat Dulu Review STB!

Jangan sampai Anda merasa menyesal setelah membeli perangkat STB, karena menemukan beberapa gangguan.
Maka dari itu tips selanjutnya ialah dengan mengintip reviews tentang produk itu sendiri.

Anda harus tahu betul mengenai informasi tipe STB serta kualitas-kualitas nya untuk memastikan bahwa perangkat tersebut OK untuk dibeli.

Informasi yang tidak boleh Anda lewatkan untuk diketahui dan pahami adalah spesifikasi, kompatibilitas, harga dan lain sebagainya.

Dengan memahami hal-hal tersebut dari satu perangkat STB ke perangkat lainnya Anda bisa membandingkan dan menemukan perangkat STB yang berkualitas.

Untuk mendapatkan reviews perangkat STB yang lebih jelas dan detail bisa Anda temukan dengan mudah melalui YouTube ataupun Blog.

Jika masih ragu, tanyakan pada orang yang ahli ya!

3. Pilih Perangkat STB Sesuai Kebutuhan

Setelah Anda memahami informasi-informasi terkait STB pilihan Anda termasuk harga dan performa suatu perangkatnya. Maka kini, Anda bisa langsung memilih perangkat sesuai kebutuhan.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli perangkat STB yang mahal jika Anda tidak mampu membelinya.

Memang STB mahal biasanya disertai oleh tambahan fitur yang tidak dapat ditemukan pada STB lainnya. Meski begitu utamakan memilih STB sesuai kebutuhan Anda.

4. Bersertifikasi Kominfo

Terakhir untuk membeli STB TV, Anda harus pastikan bahwa STB yang dipilih telah mendapati sertifikat Kominfo. Hal ini menunjukan bahwa kualitas STB tersebut tidak diragukan.

Hingga saat ini Kominfo telah melakukan sertifikat pada sejumlah merk STB yang diperdagangkan di Indonesia, setidaknya per 4 maret 2022 telah terdapat 25 tipe STB yang disertifikasi.

Lebih jelasnya Anda bisa mengeceknya melalui situs resmi Kominfo atau di  siarandigital.kominfo.go.id.

Di sini Anda bisa menemukan informasi terbarunya.

Nah setidaknya 4 tips di atas tidak boleh Anda lewatkan untuk menemukan perangkat modul STB TV digital yang berkualitas.