Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 3 Penyebab Kenapa Channel TV Digital Sedikit. Simak Solusinya!

bocahtehnik - Siaran TV digital di tempat satu dengan tempat lainnya kemungkinan akan berbeda. Mengingat ada banyak kondisi yang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi. Pemindaian TV analog ke digital menyebabkan beberapa saluran televisi tidak dapat ditangkap oleh perangkat STB. Itulah kenapa channel TV digital sedikit. Berbeda satu daerah dengan lainnya.

hargaalat.id

Penyebab Channel TV Digital Sedikit

Diatas telah disinggung sedikit kenapa channel TV digital sedikit. Tidak hanya pemindaian dari TV analog ke digital namun, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan channel TV digital sedikit.

● Kekuatan sinyal ditengarai menjadi salah satu faktor penyebab channel TV digital sedikit. Ini bisa terjadi tergantung letak daerah tempat Anda tinggal. Apakah daerah Anda dekat dengan sinyal pemancar atau jauh dari sinyal pemancar. Daerah yang dekat dengan sinyal pemancar akan memiliki kekuatan sinyal yang bagus sehingga dapat menangkap banyak channel TV digital. Berbeda dengan daerah yang jauh dari sinyal pemancar.

● Adanya gedung-gedung tinggi dan juga pegunungan. Meskipun daerah tempat Anda tinggal dekat dengan sinyal pemancar namun jika terhalang dengan gedung-gedung tinggi dan juga pegunungan juga akan menyebabkan channel TV digital yang diterima menjadi sedikit.

● Selanjutnya antena yang dapat juga menjadikan channel yang ditangkap cuma sedikit. Antena sendiri menjadi ujung tombak penangkapan sinyal. Jikalau pemasangan antena tidak tepat maka akan berdampak pada sedikitnya channel yang ditangkap.

Melihat beberapa faktor penyebab kenapa channel TV digital sedikit, berikut bisa dijadikan solusi dari masing-masing persoalan diatas:

1. Pastikan area dimana Anda tinggal sudah terjangkau oleh sinyal TV digital. Daerah yang memiliki sinyal TV digital lemah, maka akan sulit menerima channel TV digital. Anda bisa mencari area code TV digital yang terdekat dengan area Anda sehingga sinyal TV digital pun akan kuat.

2. Aturlah ketinggian dan arah antena. Anda bisa memasang antena luar dan pasanglah  mengikuti arah mata angin agar lebih kuat dalam menangkap sinyal TV digital.

3. Gunakan aplikasi sinyal TV digital. Aplikasi ini berfungsi untuk mengecek channel TV digital apa saja yang tersedia di wilayah Anda. Selain itu juga berguna untuk mengecek seberapa kuat jangkauan TV digital di suatu tempat.

4. Lakukan setel ulang set top box Anda. Adakalanya set top box mengalami error, sehingga kurang maksimal dalam menangkap channel TV digital. Jika ini terjadi Anda bisa melakukan scanning ulang.

Dari uraian diatas semoga, membantu mengatasi persoalan kenapa channel TV digital sedikit. Sesuaikan dengan permasalahan yang Anda alami dan cari solusi terbaik.