Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3+ Langkah Cara Memasang Kapasitor Pada Mesin Cuci dengan Mudah

bocahtehnik- Kapasitor merupakan komponen penting yang ada dalam mesin cuci, sebab kapasitor berfungsi sebagai tempat penyimpanan energy listrik yang akan dialirkan saat pengoperasian mesin. Jadi, jika kapasitor rusak, mesin cuci tidak dapat berfungsi. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara memasang kapasitor pada mesin cuci.

cara memasang kapasitor mesin cuci
pixabay

Cara Memasang Kapasitor Pada Mesin Cuci.

Nah dalam artikel kali ini, Anda bisa melakukan cara pemasangan kapasitor yang baik.

Perhatikan Ukuran Nilai Kapasitor

Poin pertama yang penting untuk Anda lakukan dalam memasang kapasitor mesin cuci ialah memastikan ukuran nilai kapasitor. Sebab, jika kapasitor baru yang Anda pilih tidak sesuai dengan ukuran kapasitor mesin itu sendiri maka bisa berpengaruh pada ketahanan dan ketidakfungsian kapasitor tersebut.

Anda dapat melihat ukuran kapasitor pada bagian bawah kapasitor atau diagram mesin cuci itu sendiri. Biasanya ukuran kapasitor menggunakan satuan Mikro Farad (μF).
Setelah mengetahui nilai kapasitor, barulah Anda bisa membeli kapasitor baru untuk dipasang ke mesin cuci.

Tentukan Arah Kabel Kapasitor

Kebanyakan kapasitor mesin cuci memiliki 4 kabel, akan tetapi tak sedikit juga mesin cuci yang memiliki 2 kabel yakni mesin cuci yang hanya 1 tabung saja.

Sebelum melangsungkan ke pemasangan kapasitor, Anda harus menentukan arah kabel yang akan disambungkan.

Secara umum, dalam sebuah kapasitor terdapat dua nilai yakni kecil (dynamo spin—pengering) dan besar (dynamo pencuci atau wash). Anda cukup memerhatikan pemasangan yang sesuai dengan nilainya tersebut.

Pemasangan Kapasitor

Terakhir ialah memasangkan kapasitor. Sebetulnya pemasangan kapasitor ini sangat mudah, Anda hanya perlu melepas kapasitor lama, barulah menyambungkannya ke kapasitor baru dengan arah kabel yang disebutkan di atas.

Penting untuk Anda ingat bahwasannya dalam melakukan pemasangan kapasitor baru pada mesin cuci tidak harus berpatokan dengan warna kabel.

Itulah 3 tahapan yang harus Anda perhatikan dalam memasang kapasitor pada mesin cuci. Jadi, ketika kapasitor pada mesin cuci Anda mulai rusak atau tidak berfungsi, Anda bisa melakukan penggantian kapasitor dengan cara memasang kapasitor pada mesin cuci di atas. Langkah-langkah di atas tentunya sangat mudah untuk Anda lakukan bukan?