Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2+ Cara Pasang Kapasitor 2 Kabel Untuk Kipas Angin

bocahtenik- Kipas angin menjadi salah satu alat yang hampir ada di setiap rumah bahkan sampai di tempat kost. Penyebab kipas angin tidak kencang biasanya karena kapasitor yang harus diganti baru. Cara pasang kapasitor 2 kabel pada kipas angin tergolong mudah sehingga jangan buru-buru panggil tukang dan coba pasang sendiri.

Cara Pasang Kapasitor 2 Kabel
m.jd.id

Kapasitor memberi pengaruh besar pada kekuatan kipas. Tanda kapasitor perlu diganti biasanya kipas angin hanya berdengung namun tidak bisa berputar, daun kipas harus diputar dengan tangan terlebih dahulu sebagai pemancing dan lainnya. Dalam artikel ini akan dijelaskan tahapan memasang kapasitor dua kabel.

2 Cara Pasang Kapasitor 2 Kabel Kipas Angin

Cara mengetahui apakah kerusakan pada kipas angin disebabkan kapasitor wajib diganti bisa diukur terlebih dahulu dengan alat yang dinamakan dengan avometer atau multimeter. Tentukan kabel kapasitor yang pas begitu juga dengan daya dan jenisnya jika memang perlu diganti lalu, begini cara penggantiannya khusus 2 kabel:

1. Temukan  Jalur Kabel Kapasitor

Buka kipas angin dengan alat baik obeng atau lainnya lalu temukan jalur kabel kapasitor. Jika sudah menemukan kedua terminal kapasitor temukan bagian kabel yang saling terhubung lalu potong pada bagian yang mudah disambungkan kabelnya. Pastikan sambungan kapasitor aman dan kuat sehingga tidak terjadi konslet.

2. Rakit Ulang

Bungkus sambungan kabel kapasitor dengan isolasi dan rakit ulang. Nyalakan kipas angin terlebih dahulu sebelum menutup jika ingin mencoba apakah cara pasang kapasitor 2 kabel berhasil atau tidak pada kipas. Jika memang sudah berfungsi rakit kipas supaya tidak berbahaya saat digunakan apalagi bagi anak.

Itu dia cara pasang kapasitor 2 kabel pada kipas angin. Karena sangat mudah cobalah untuk memasang sendiri dibandingkan cepat-cepat memanggil jasa, jelas memasang sendiri bisa lebih hemat tenaga dan melatih pengetahuan tentang komponen listrik yang jarang diketahui apalagi kalangan ibu rumah tangga.