Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Cara Pasang Kabel Kapasitor Mesin Cuci, Cukup Mudah Dilakukan!

bocahtehnik- Mengetahui beberapa kerusakan kecil pada mesin cuci akan sangat membantu jika dibutuhkan dalam kondisi urgent. Semisal kerusakan pada kapasitor. Pasalnya jika harus memanggil tukang servis terkadang menunggu waktu yang cukup lama untuk segera diperbaiki. Untuk itu mengetahui cara pasang kabel kapasitor mesin cuci ini akan sangat membantu Anda menangani kerusakan kecil pada mesin cuci.

cara pasang kabel kapasitor mesin cuci
whereaglesfly.com

Cukup mudah untuk dilakukan jika Anda mengetahui cara pasangnya dengan tepat. Namun, sebelumnya Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah yang rusak memang bagian kapasitor atau tidak. Untuk mengetahuinya berikut adalah ciri-ciri kapasitor yang rusak.

● Pertama ciri kapasitor rusak bisa diketahui dari suaranya yang terdengar berdengung pada saat mesin dihidupkan dan motor dinamo tidak bergerak atau berputar.
● Adanya bekas gosong atau terbakar pada kapasitor
● Dan juga kapasitor meleleh atau menggembung.

Jika terdapat ciri-ciri diatas, bisa dipastikan mesin cuci Anda mengalami kerusakan. Dan solusi utamanya Anda harus mengganti kapasitor lama dengan yang baru. Namun, untuk benar-benar memastikan apakah kapasitor itu rusak atau hanya sekadar lemah dapat Anda tes dengan alat multitester.

Tata Cara Pasang Kabel Kapasitor Mesin Cuci

Meski berbeda cara pasangnya tetapi prinsipnya sama untuk cara pasang kabel kapasitor pada mesin cuci ini, baik 4 kabel ataupun 2 kabel. Adapun langkah-langkah pemasangnya adalah sebagai berikut. 

1. Tentukan nilai yang terdapat pada kapasitor. Ini bisa dilihat pada bagian kapasitor sebelum membelinya. Biasanya beda jenis dan merek mesin cuci maka nilai kapasitornya juga berbeda.
2. Beli kapasitor baru yang mempunyai nilai yang sama dengan kapasitor yang hendak diganti.
3. Setelah itu perhatikan kabel yang terdapat pada kapasitor. Umumnya ada 4 kabel yaitu besar dan kecil.
4. Untuk kabel besar disambungkan ke arah mesin pemutar atau wash sedangkan kabel kecil untuk disambungkan ke arah mesin pengering.
5. Terakhir pasang atau sambungkan sesuai  arah kabel yang telah ditentukan. 

Demikianlah tata cara pasang kabel kapasitor mesin cuci yang bisa dicoba. cukup mudah dan Anda bisa mencoba memasangnya sendiri di rumah. Semoga bermanfaat!