Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci 4 Kabel Dengan Benar

bocahtehnik- Jika mesin cuci di rumah Anda mengalami kendala seperti lambat berputar atau berdengung, bisa jadi hal ini disebabkan karena kapasitornya sudah tidak berfungsi. Sebaiknya segera ganti dengan kapasitor baru. Namun sebelum melakukan penggantian sebaiknya cek terlebih dulu jenis mesin cuci Anda, apakah menggunakan kapasitor dengan 2 kabel atau dengan 4 kabel. Jika mesin cuci Anda menggunakan kapasitor 4 kabel, Anda pasti harus tahu cara pasang kapasitor mesin cuci 4 kabel. 

Cara pasang kapasitor mesin cuci 4 kabel
Lazada.co.id

Untuk mengetahui cara-caranya silahkan simak penjelasan dibawah ini hingga selesai.

Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci 4 Kabel 

Perlu Anda ketahui bahwa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam cara pasang kapasitor mesin cuci 4 kabel diantaranya sebagai berikut.

Ketahui Nilai Kapasitor

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah ketahui terlebih dahulu nilai kapasitor pada mesin cuci tersebut. Caranya bukalah bagian belakang badan mesin cuci dengan melepas baut-bautnya, kemudian, lihatlah pada bagian bawah mesin cuci, maka disitu terdapat kapasitor berwarna hitam atau putih. 

Selanjutnya ceklah nilai yang tertera pada kapasitor tersebut dengan satuan Mikro Farad (µF). Setelah mengetahui nilai kapasitornya, lalu langsung belilah kapasitor dengan nilai yang sama. Usahakan kapasitor yang Anda beli merk-nya juga sama dengan mesin cuci Anda.

Tentukan Kabel Kapasitor

Setelah mengetahui nilai kapasitor dari mesin cuci Anda, langkah berikutnya yaitu tentukan arah kabel kapasitor. Umumnya kabel kapasitor memiliki 2 nilai yaitu kecil dan besar. Untuk jenis kabel nilai kecil disambungkan ke pengering, sedangkan untuk jenis kabel nilai besar disambungkan ke dinamo. 

Sambungkan Kabel Kapasitor

Setelah menemukan kapasitor yang cocok dengan mesin cuci Anda, maka langkah selanjut yang harus dikerjakan adalah menyambungkan kabel kapasitornya ke badan mesin cuci. Untuk caranya sendiri yaitu lepaslah kapasitor lama pada mesin cuci tersebut, kemudian pasang kapasitor baru dan arahkan kabel-kabelnya sesuai dengan jalurnya. 

Satu hal yang harus diingat, Anda tidak perlu berpatokan pada warna kabel yang ada di kapasitor lama, sebab tidak semua kapasitor yang baru warna kabelnya sama dengan kapasitor lama, yang terpenting sambungan pada jalur kabel sesuai.  

Itulah penjelasan singkat mengenai cara pasang kapasitor mesin cuci 4 kabel yang bisa kami jabarkan, semoga bisa bermanfaat.