Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Pemasangan Kapasitor Pada Motor Kapasitor yang Benar? Begini Penjelasannya!

bocahtehnik - Kapasitor pada motor memiliki kontribusi dalam memaksimalkan operasi sepeda motor. Nah agar kapasitor pada motor dapat berfungsi secara baik, maka Anda harus melakukan instalasi atau pemasangan kapasitor secara tepat. Lantas, bagaimana cara pemasangan kapasitor pada motor kapasitor yang benar?

cara pemasangan kapasitor pada motor kapasitor yang benar
Istock.com

Langsung saja temukan jawaban dari pertanyaan tersebut melalui artikel ini.

Cara Pemasangan Kapasitor Pada Motor yang Benar

Sirkuit motor listrik ac satu fasa menggunakan jenis kapasitor starting  yang bertipe non polar yang terbuat dari susunan cairan elektrolit sebagai bahan utama. Dengan demikian Anda dapat memasang terminal kabel kapasitor secara bebas tanpa takut tertukar.

Kedua terminal kapasitor start dihubungkan ke sumber tegangan dan terminal salah satu saklar atau switch sentrifugal. 

Anda bisa memasang kapasitor tanpa berpatokan pada warna kabel, sebab sistem wiring dan warna kabel kapasitor di setiap mesin motor listrik tidaklah sama.

Pemasangan kapasitor dengan benar adalah dengan memasangnya secara paralel, dengan begitu hambatannya kecil dan dapat dihitung mengenai hasil kapasitor terbesar yang dihasilkan.

Pentingnya Kapasitor pada  Motor

Kapasitor pada motor merupakan komponen yang sangat penting khususnya pada motor listrik atau fasa. Sebab, tanpa kapasitor pada motor listrik maka tidak dapat beroperasi atau bekerja.

Konstruksi motor menggunakan dua buah kapasitor yang berkontribusi dalam memberikan daya tambahan pada kumparan.

Fungsi kapasitor pada motor akan menonjol di saat motor dijalankan untuk pertama kalinya. Di mana arus mengalir pada kumparan utama, lalu kumparan utama tersebut akan menghasilkan gaya induksi magnet di sekitar kumparan, yang mana kapasitor pun dibutuhkan oleh kumparan bantu untuk meningkatkan daya magnet yang memutar rotor.

Sederhananya, kapasitor berfungsi untuk mempertinggi starting awal serta mengurangi konsumsi arus awal pada motor kapasitor juga pada geseran phase antara lilitan utama serta membantu menjadi lebih cepat.

Dengan kontribusi  penting yang dimiliki oleh kapasitor pada kapasitor motor. Maka tentulah Anda harus memasang kapasitor tersebut dengan baik dan benar. Demikianlah penjelasan bagaimana cara pemasangan kapasitor pada motor kapasitor yang benar? Semoga dapat membantu Anda!