Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Langkah Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci

bocahtehnik - Kapasitor merupakan komponen penting dari bagian mesin cuci. Di setiap jumlah tabung mesin cuci terdapat jumlah kapasitor yang berbeda-beda. Meski begitu melakukan cara pasang kapasitor mesin cuci tidaklah jauh berbeda. Caranya sangat mudah dapat Anda ikuti dengan baik, simak pembahasannya di artikel ini!

5 langkah mengganti kapistor
pixabay

Apa itu Kapasitor?

Kapasitor atau dikenal juga dengan sebutan kondensor yang memiliki lambang huruf "C" dalam rangkaian elektronika adalah alat yang bekerja untuk menyimpan energi atau muatan listrik di dalam medan listrik. 

Penyimpanan energi atau muatan ini dilakukan dengan mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik.

Sementara kapasitor pada mesin cuci dinilai memiliki dua jenis fungsi yakni berperan sebagai start kapasitor yang bekerja di setiap motor dinamo akan berputar. 

Fungsi kapasitor lainnya ialah sebagai running kapasitor yang bekerja secara terus menerus selama dinamo hidup.

Mengapa Harus Pasang Kapasitor Mesin Cuci?

Kapasitor dalam mesin cuci merupakan bagian yang paling rentan rusak. Dengan demikian melakukan pasang kapasitor bisa mengatasi kerusakan tersebut. Sebab, jika kapasitor rusak, maka mesin cuci tidak dapat bekerja secara maksimal.

Maka dari itu sangat penting untuk memperhatikan kondisi kapasitor pada mesin cuci secara berkala.

Adapun ciri-ciri kerusakan kapasitor pada mesin cuci ialah:

● Munculnya bunyi dengung tetapi tidak diiring motor dinamo yang berputar.

● Putaran motor dinamo yang mengalami aus atau lemah

● Motor dinamo yang mulai tidak dapat berputar

● Kapasitor mulai menggelembung

Nah setelah Anda menemukan keempat ciri kerusakan dinamo, maka Anda bisa segera mengatasinya dengan memasang kapasitor baru.

Cara Pemasangan Kapasitor Mesin Cuci dengan Tepat

Memasang kapasitor pada mesin cuci cukuplah sangat mudah. Dimana Anda bisa mengikuti langkah-langkah mudah di bawah ini:

● Pertama, silahkan buka penutup mesin cuci terlebih dahulu. Di mana penutup mesin cuci ini dapat Anda temukan di bagian belakangnya.
● Di sinilah Anda akan menemukan kapasitor yang menempel pada bagian bawah. Umumnya kapasitor mesin cuci berbentuk tabung silinder dengan 4 jenis kabel.
● Silahkan lepas dahulu kabel kapasitor yang akan Anda ganti dan ambil kapasitor tersebut.
● Selanjutnya pasang kabel kapasitor yang baru dengan disesuaikan berdasarkan pada kapasitas dan tegangannya.
● Setelah semua kabel terpasang, silahkan rapikan dan isolasi sambungan kabel untuk menghindari bahaya listrik. Jangan lupa untuk tutup kembali cover bagian belakang mesin cuci ya.

Dengan mengikuti beberapa langkah tersebut, Anda bisa melakukan pemasangan kapasitor baru. Dengan demikian mesin cuci bisa berfungsi kembali.

Sebagai bagian komponen penting pada mesin cuci, sebaiknya Anda perlu memperhatikan kondisi kapasitor untuk menjaga kestabilan fungsi mesin cuci. Jika Anda telah menemukan ciri-ciri kerusakan kapasitor pada komponen mesin cuci, maka segeralah lakukan cara pasang kapasitor mesin cuci di atas dengan baik!