Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Mesin Cuci Tidak Mau Berputar untuk Mengatasi yang Lebih Mudah

bocahtehnik- Tentunya, ada berbagai macam kegiatan yang orang lakukan sebagai bagian dari rutinitas. Contoh kegiatan yang sudah dilakukan adalah mencuci baju. Anda tidak harus menggunakan tangan untuk mencuci baju. Ada banyak yang memanfaatkan mesin juga.  Namun, biasa ada kerusakan sehingga Anda butuh cek penyebab mesin cuci tidak mau berputar. 

mesin cuci tidak mau berputar
Unsplash.com

Mesin cuci dapat bermanfaat dengan baik jika Anda tahu penyebab masalah dan cara mengatasinya juga.  Walaupun memilih yang mempunyai kualitas baik dan harganya mahal, tetap saja kerusakan merupakan hal yang wajar. 

Penyebab Mesin Cuci Tidak Mau Berputar Secara Umum 

Anda tidak usah merasa bingung jika mesin cuci mengalami masalah pada beberapa bagian tertentu. Misalnya, mesin tidak mau berputar walaupun sudah menyalakan mesin sesuai dengan prosedurnya. Anda dapat mencari cara perbaikan dengan mengetahui penyebab kerusakannya dahulu. Berikut ini informasi berkaitan dengan kerusakan yang menyebabkan mesin tidak berputar:

1. Adanya kerusakan kabel

Penyebab yang membuat mesin cuci Anda tidak dapat berputar adalah kerusakan yang terjadi pada kabel. Tentunya, kabel listrik merupakan komponen yang sangat penting dan dapat mengalami kerusakan pada berbagai macam bagian. Misalnya, kabel terkelupas atau ada bagian yang putus. 

2. Terlalu banyak pakaian

Penyebab mesin cuci tidak mau berputar lainnya adalah terlalu banyak pakaian yang dimasukkan ke dalamnya. Anda harus tahu kalau mesin tidak dapat bergerak jika ada banyak baju.  Baju yang melebihi kapasitas akan membuat mesin kesulitan bekerja.

3.  As Macet

Adanya bagian as merupakan hal yang penting untuk memastikan kalau mesin dapat berputar dengan baik.  Coba cek bagian as untuk membantu Anda dalam memastikan mesin berputar. Bersihkan debu jika As atau dinamo mati. 

Itulah beberapa penyebab mesin cuci tidak mau berputar yang perlu Anda ketahui.  Penting halnya untuk mencari solusi yang tepat dalam memperbaiki mesin.