Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4+ Tahapan Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci 1 Tabung dengan Mudah!

bocahtehnik-  Sebenarnya dalam pemasangan kapasitor pada mesin cuci 1 tabung tidak jauh berbeda dengan cara pemasangan pada mesin cuci pada umumnya. Lebih jelasnya dapat Anda ikuti langkah-langkah cara pasang kapasitor mesin cuci 1 tabung di bawah ini:


cara pasang kapasitor mesin cuci 1 tabung
Tokopedia.com

Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci 1 Tabung

Bongkar Penutup Body Belakang Mesin Cuci

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum memasang kapasitor mesin cuci ialah membuka tutup body—badan belakang mesin cuci tersebut. Untuk membongkar body mesin cuci tersebut, Anda bisa melepaskan semua baut yang ada pada cover body belakang mesin cuci.

Melepaskan Kapasitor Mesin Cuci

Selesai membuat penutup body belakang, Anda akan melihat berbagai jenis kabel termasuk kabel kapasitor. Kapasitor pada mesin cuci bisa berupa bentuk tabung kecil berwarna putih dan hitam dengan 2 pasang kabel.
Karena yang dibongkar merupakan mesin cuci satu tabung, maka Anda hanya akan menemukan 2 jenis kabel, beda lagi jika mesin cuci 2 tabung yang memiliki 4 kabel.

Cek Nilai Kapasitor

Alangkah baiknya, sebelum membeli dan menemukan kapasitor baru sebagai pengganti kapasitor lama pada mesin cuci ialah mengecek nilai kapasitor. Secara umum, nilai kapasitor diukur dengan satuan mikro farad  (μF).

Dengan begitu, Anda bisa membeli kapasitor baru dengan ukuran yang sama, jika memang tidak ada sebaiknya pilih kapasitor yang tidak memiliki selisih jauh berbeda. Sebab, jika tidak sesuai maka akan berpengaruh terhadap motor dinamo yang mudah panas sehingga bisa berujung rusak.

Pasang—Sambungkan Kapasitor Baru

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa mesin cuci satu tabung hanya memiliki 2 kabel, sehingga dalam melakukan pemasangan kapasitor pada mesin cuci satu tabung ini sangatlah mudah. Di mana Anda bisa dengan bebas memasangnya pada posisi mana saja, sekalipun dibolak-balik.

Akan tetapi saat Anda melakukan pemasangan ke dynamo ada 2 poin yang harus diperhatikan yakni:

● Dynamo mempunyai 3 kabel dengan 3 warna (merah, hitam, biru)
● Untuk menyambungkan kapasitor Anda dapat menggunakan kabel merah atau hitam dari dinamo. Sementara kabel biru digunakan untuk dipasangkan pada listrik karena fungsinya sebagai daya dari dinamo tersebut

Demikianlah 4 tahap cara pasang kapasitor mesin cuci 1 tabung yang dapat Anda ikuti.