Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali 7 Faktor Penyebab Kebocoran AC dan Solusinya

bocahtehnik- Di beberapa wilayah dengan iklim tropis, perangkat pendingin seperti AC menjadi kebutuhan yang penting. Namun, seringkali kita lupa untuk merawatnya meskipun menggunakannya hampir setiap hari.

Penyebab Kebocoran AC
pixabay

Unit AC yang tidak dirawat secara teratur cenderung lebih rentan terhadap kerusakan, yang bisa memperpendek masa pakainya. Kebocoran pada unit AC adalah salah satu masalah yang sering terjadi.

kenapa ac mengeluarkan air

Jika AC Anda tiba-tiba mengeluarkan air, beberapa faktor berikut mungkin menjadi penyebabnya :

Sumbatan pada Filter AC

Ketika filter udara pada AC tersumbat, aliran udara dalam sistem menjadi terhambat. Filter yang tersumbat ini dapat menyebabkan pembekuan udara hingga membentuk es. Ketika suhu ruangan sudah tercapai atau ketika AC dimatikan, es pada filter akan mencair dan air akan mencari jalan keluar yang kemudian menyebabkan kebocoran pada AC.

Kotoran pada Filter AC

Jika filter udara pada AC tersumbat atau kotor, aliran udara menuju evaporator akan terhambat dan menyebabkan penurunan suhu. Penurunan suhu pada kumparan ini dapat menyebabkannya membeku karena terlalu dingin. Ketika AC dimatikan, unit indoor akan berhenti menarik udara ke dalam ruangan dan menyebabkan pemanasan. Ini akan menyebabkan es yang terkumpul mencair dan mengalir keluar dari AC.

Kerusakan Pompa

Ketika air menetes dari AC, itu bisa menjadi tanda adanya masalah pada pompa kondensasi yang terletak di bawah koil pendingin. Fungsi dari pompa ini adalah untuk mengalirkan air dengan baik dan mencegah kebocoran. Jika pompa tidak berfungsi karena terakumulasi debu dan kotoran, air akan menetes dan menyebabkan kebocoran pada AC.

Saluran Pembuangan Tersumbat

Kebocoran pada AC juga dapat terjadi karena adanya penyumbatan pada saluran pembuangan. Hal ini terjadi karena akumulasi kotoran dan debu yang berlebihan. Penumpukan kotoran pada saluran pembuangan akan menyebabkan air tidak dapat keluar dari AC secara lancar, sehingga menyebabkan kelebihan air yang pada akhirnya akan menetes.

Pemasangan yang Salah

Kebocoran pada AC juga bisa terjadi jika unit AC tidak terpasang dengan benar. Ketika memasang AC, pastikan bagian depan lebih dingin dari bagian belakang. Dengan cara ini, air dapat terkuras dengan baik dan tidak menyebabkan kebocoran. Selain itu, pastikan unit AC dipasang pada kemiringan yang tepat untuk mencegah kebocoran. Kemiringan yang tidak tepat pada unit AC dapat menyebabkan air tidak mengalir dengan baik.

Perawatan yang Buruk

Untuk menjaga agar AC awet, lakukanlah perawatan secara rutin. Anda dapat menghubungi jasa service AC untuk membersihkan unit AC di rumah Anda. Selama pembersihan, periksa apakah koil evaporator berfungsi dengan baik dan pastikan tidak berkarat. Perawatan yang baik dan rutin akan membantu mengurangi risiko kerusakan atau kebocoran pada AC.

Karat pada Saluran Pembuangan

Paparan udara, air, dan besi pada unit AC membuatnya rentan terhadap karat, terutama pada saluran pembuangan yang terbuat dari logam. Ketika karat menumpuk, hal ini akan membuat saluran pembuangan tersumbat dan menghambat aliran udara.

itulah beberapa penyebab kenapa unit ac mengalami bocor air, semoga bermanfaat dan bisa mempermudah mengatasi masalah saat unit ac mengalami bocor air.