Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar? Ini Berbagai Penyebabnya!

bocahtehnik - Tentunya, ada banyak kegiatan yang orang lakukan setiap hari. Dari berbagai macam kegiatan yang ada, bersih-bersih merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda harus membersihkan pakaian untuk dipakai kembali. Karena itu, ada alat yang dapat membantu dengan mudah. Anda dapat langsung mencari alasan kenapa pengering mesin cuci tidak berputar?

kenapa pengering mesin cuci tidak berputar
Unsplash.com 

Banyak orang yang menggunakan mesin cuci untuk cuci baju dan merasa bingung ketika ada bagian yang tidak berfungsi dengan baik. Anda tidak harus membeli produk baru secara langsung. Ada beberapa penyebab yang menyebabkan kerusakan dan dapat diperbaiki dengan memanggil tukang.  Yuk, ketahui sendiri berbagai penyebab yang memungkinan kerusakan pengering mesin cuci.

Kenapa Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar? Ini Alasannya!

Ada banyak orang yang merasa panik ketika mesin cucinya tidak dapat berfungsi dengan baik. Anda tidak usah khawatir karena ada banyak langkah yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi hal ini. Namun, penting halnya untuk mengetahui penyebabnya jauh lebih dulu. Berikut ini berbagai macam penyebab dari rusaknya pengering mesin cuci:

1. Kabel mesin putus 

Salah satu penyebab yang paling umum terjadi adalah kabel mesin cuci putus. Anda dapat coba untuk memperhatikan kabel yang tersambung. Pastikan kalau kabel dalam kondisi baik dan tidak ada yang putus karena digigit tikus.  Anda juga harus hati-hati karena ada kemungkinan binatang kecil yang masuk ke dalam pintu bukaan mesin cuci dan pengering.

2. Terlalu banyak pakaian 

Kenapa pengering mesin cuci tidak berputar juga dapat terjadi karena Anda memasukkan terlalu banyak pakaian di dalamnya.  Banyaknya pakaian ini dapat menyebabkan pengering tidak mau berputar juga. Anda dapat memasukkan pakaian dalam jumlah sewajarnya.  Banyaknya pakaian dapat membuat pengering menjadi kesulitan untuk berputar karena terlalu sempit.

3. Kapasitor terbakar 

Penyebab lainnya juga dapat dikarenakan kapasitor mesin cuci yang terbakar. Pengering memang mempunyai kapasitor untuk mendukung fungsinya.  Besar kemungkinan kalau kapasitor yang ada mengalami penurunan kualitas. Hal ini menyebabkan mesin tidak dapat berputar. Adanya bunyi dengung pada mesin pengering walaupun tidak berputar menandakan kalau kapasitornya rusak.

4. Tali rem rusak 

Pengering mesin cuci juga mempunyai tali rem untuk bekerja.  Tali rem ini akan membuat sistem otomatis pengering bekerja ketika diputar. Namun, karena tali rem sudah putus, pergerakan otomatis ini tidak akan terjadi. Tidak ada yang bekerja untuk mengatur otomasi selain tali rem. 

Demikian informasi berkaitan dengan penyebab kenapa pengering mesin cuci tidak berputar?  Ada berbagai macam penyebab lainnya yang menyebabkan mesin pengering rusak juga. Anda dapat mengecek dari hal dasar seperti beberapa penyebab di atas.