Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Penyebab dari Pengering Mesin Cuci Mendengung dan Tidak Berputar

bocahtehnik - Mesin cuci adalah salah satu dari berbagai macam perabot elektronik yang orang gunakan untuk mempermudah kegiatan di rumah. Dengan memanfaatkan alat yang sesuai, Anda dapat mencuci baju dengan nyaman. Semua rumah juga mempunyai mesin cuci untuk mempermudah pekerjaan. Sayangnya, sering ada masalah seperti pengering mesin cuci mendengung juga.

pengering mesin cuci berdengung
Unsplash.com

Tentunya, akan menjadi hal yang sulit untuk mengendalikan mesin cuci sesuai dengan keinginan jika ada kerusakan di beberapa bagian. Percuma saja halnya jika Anda mempunyai mesin cuci tetapi tidak ada pengeringnya. Hal ini akan membuat proses mencuci baju menjadi lama juga. Bahkan, lebih lelah karena baju harus dikeringkan dengan tangan. Yuk, simak lebih jelasnya dengan ini!

Penyebab dari Pengering Mesin Cuci Mendengung dan Tidak Berputar

Ada banyak orang yang menggunakan pengering untuk kenyamanan sendiri dalam beraktivitas. Anda juga dapat melakukan pemilihan sendiri untuk brand mesin cuci yang diinginkan. Jika kebetulan mengalami kerusakan pada bagian pengering. Maka, Anda dapat mengecek penyebab berikut ini:

1. Kabel putus 

Penyebab pertama yang biasanya membuat orang kesulitan adalah kabel mesin cuci yang putus. Tentunya, penyebab ini dapat diatasi dengan mudah juga.  Jangan sampai kabel putus karena digigit tikus juga. Anda juga harus hati-hati karena ada kemungkinan kalau binatang kecil masuk ke dalam pengering hingga ke salurannya yang tidak ditutup rapat.

2. Pintu tidak rapat 

Tentunya, penyebab lainnya dari kerusakan ini adalah pintu pengering yang belum ditutup rapat. Anda harus memastikan kalau pintu pengering sudah ditutup dengan rapat. Ada beberapa mesin yang tidak akan bekerja jika bagian pintunya tidak ditutup rapat juga. Jangan lupa untuk membersihkan sela pintu pengering dan memastikan tidak ada kotoran yang menumpuk.

3. Terlalu banyak pakaian 

Anda juga harus tahu kalau salah satu hal yang tidak boleh dilakukan adalah memasukkan terlalu banyak pakaian. Adanya jumlah pakaian yang melebihi batasnya akan menyebabkan pengering mesin cuci mendengung saja. Anda harus membagi pakaian ke dalam jumlah yang tepat dan tidak terlalu memaksa mesin juga.  Mesin tidak akan berputar jika terlalu penuh juga.

4. Pemanas tidak berfungsi 

Penyebab lainnya juga dapat dikarenakan bagian kerusakan internal. Ada beberapa orang yang tidak dapat memanfaatkan mesin karena kerusakan pada elemen panas. Anda dapat memanggil tukang servis untuk mengecek masalahnya.

Demikian beberapa penyebab secara umum untuk pengering mesin cuci mendengung juga. Penting halnya untuk memanfaatkan langkah yang tepat agar mesin dapat digunakan sesuai dengan keperluan.