Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Parabola Masih Bisa Digunakan? Begini Nasibnya!

bocahtehnik - Setelah beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Indonesia memutuskan layanan TV analog yang kini berpindah pada layanan digital. Tak sedikit bertanya mengenai nasib pengguna parabola, apakah parabola masih bisa digunakan atau tidak? 

apakah parabola masih bisa dipakai untuk saat ini
Istock.com

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda bisa menyimak ulasannya di sini!

Apakah Parabola Masih Bisa Digunakan? Bagaimana Nasib Parabola dan Antena?

Meski siaran TV digital mengenalkan berbagai keunggulan yang sangat menarik dan memberikan pengalaman menonton televisi yang asyik, sayangnya, banyak yang menjadi korban dan bahkan mungkin merasa dirugikan akan hal tersebut dengan adanya perpindahan TV digital.

Nasib parabola dan antena yang tak lagi dapat digunakan untuk menonton televisi, mengharuskan warga untuk mengeluarkan kembali dana agar bisa menonton televisi.

Pertanyaan mengenai apakah antena parabola bisa digunakan atau tidak menjadi salah satu pertanyaan yang muncul di benak sebelum memutuskannya untuk membeli Set Box TV, siapa tahu masih bisa digunakan, begitu katanya.

Namun, harus Anda ingat bahwasannya alat penangkap frekuensi TV digital sangatlah berbeda dengan penangkapan frekuensi antena parabola.

Di mana TV digital hanya bisa menggunakan STB set top box TV dan antena digital untuk menangkap siaran televisi.
Sementara siaran TV parabola adalah dengan menggunakan receiver dan antena parabola.

Hal ini sangat jelas pada angka frekuensinya, siaran TV parabola yang berada di angka 3.7 dan 4.2 GHz, sementara frekuensi TV digital pada frekuensi 478 hingga 694 MHz dengan kanal 22 sampai 48.

Dengan adanya perbedaan frekuensi ini, membuat antena parabola tidak dapat menangkap sinyal siaran TV Digital begitupun juga dengan sebaliknya.

Lalu Apa Solusinya agar Bisa Menonton Siaran TV Digital?

Dari sini dapat kita simpulkan apa yang menjadi solusinya agar Anda bisa menonton siaran televisi setidaknya tidak membuat TV Anda terbengkalai dan tidak digunakan.

Beli Set Top Box

Pertama agar Anda bisa menonton televisi kembali maka Anda terpaksa Anda harus mengeluarkan biaya untuk membeli Set Top Box. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwasannya STB - Set Top Box ini dapat menangkap sinyal digital sehingga TV Anda akan kembali berfungsi dan Anda bisa menonton siaran favorite TV Anda. 

Membuat Antena Sendiri

Kini banyak artikel yang memberikan informasi mengenai solusi menonton televisi tanpa membeli Set Top Box ya salah satunya dengan membuat antena sendiri. Jika Anda mau kenapa tidak mencoba? Siapa tahu cara ini berhasil dan Anda bisa kembali menonton televisi tanpa beli STB.
Selain dua cara tersebut Anda bisa mendapatkan solusi yang lebih baik di internet sesuai dengan yang Anda inginkan

Jadi Anda sudah paham bukan mengenai apakah parabola masih bisa digunakan atau tidak? Ya jawabannya adalah tidak bisa kecuali menggunakan STB.