Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2+ Cara Mengembalikan Sinyal TV Digital di Karawang yang Hilang dengan Mudah

bocahtehnik - Sinyal TV digital di Karawang memang sangat membantu dikala siaran TV analog mulai dimatikan serentak. Perlu Anda ketahui, bahwa siaran TV analog memang sudah dimatikan sejak 2 November 2022 lalu. 

sinyal tv digital di Karawang
Suara Merdeka

Nah, ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap bisa menonton siaran TV digital, yakni dengan menggunakan perangkat TV digital baru atau menggunakan perangkat tambahan bernama Set Top Box (STB). Lantas, bagaimana caranya mengembalikan siaran TV digital yang hilang?

Cara Mengembalikan Sinyal TV Digital di Karawang yang Hilang 

Tentunya tidak sedikit dari Anda yang sempat menjumpai masalah sinyal TV digital di Karawang tiba-tiba hilang setelah melakukan pencarian channel. Pada umumnya, perangkat TV pun hanya akan menampilkan gambar bersemut saja. Lantas, bagaimana cara mengembalikan siaran TV digital yang tiba-tiba menghilang? Simak saja langkah-langkahnya pada artikel berikut ini.

1. Lakukan Pencarian Ulang

Perlu Anda ketahui, bahwa channel siaran TV digital yang hilang ini bisa disebabkan pencarian belum tersimpan di perangkat TV tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda bisa mencoba melakukan pencarian atau pemindaian ulang siaran TV digital. 
Mencari siaran ulang ini caranya hampir sama, baik perangkat TV digital maupun TV analog biasa. 

● Pertama, buka menu pengaturan TV atau STB. 
● Lalu, buka opsi pengaturan channel atau perangkat broadcasting. 
● Setelah itu, klik opsi “Auto Scan”, “Auto Tuning”, atau “Pencarian Otomatis”.
● Tunggu hingga pencarian selesai 100 persen. 

2.Cek Jangkauan Sinyal TV Digital

Sinyal TV digital di Karawang ini bisa hilang karena sinyal di wilayah tersebut lemah. Untuk itu, Anda bisa memeriksa jangkauan sinyal siaran TV digital yang tersedia di wilayah tempat tinggal Anda tersebut. 

Untuk mengecek jangkauan sinyal TV digital ini, Anda bisa menggunakan aplikasi Sinyal TV Digital. Aplikasi ini bisa Anda unduh melalui Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS. 

Sebelum Anda mulai mengecek jangkauan sinyalnya, maka pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah memberikan izin akses fitur lokasi pada aplikasi tersebut. Setelah itu, klik “see mux detail” untuk melihat informasi detail mengenai sinyal TV digital yang tersedia. 

Informasi tersebut biasanya mencakup kekuatan sinyal, jenis layanan, operator mux, hingga frekuensi. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menampilkan daftar channel siaran TV digital yang bisa diakses di wilayah tempat tinggal Anda dengan cara mengetuk ikon “galeri”. 

Dan inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan siaran TV digital di Karawang yang tiba-tiba hilang. Semoga cara tersebut bisa membantu Anda dalam mencari siaran TV digital yang hilang agar bisa kembali menontonnya dengan lancar.