Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3+ Langkah Cara Scan Ulang TV Digital

bocahtehnik - Sudah sepatutnya dengan adanya proses migrasi TV digital, Anda perlu melakukan scan ulang. Namun tak sedikit yang belum mengetahui cara scan ulang TV Digital ini. Maka dari itu, artikel kali ini akan menjelaskan langkah-langkahnya.

cara scan ulang tv digital dengan 3 langkah
Unsplash.com

Apa Itu TV Digital?

Televisi digital atau DTV adalah jenis sistem penyiaran yang menggunakan modulasi digital (berbentuk bit data seperti komputer) dan sistem kompresi untuk menyebarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi.

Salah satu ciri utama Televisi digital adalah televisi yang telah mendukung sinyal digital, sehingga Anda bisa menonton televisi siaran digital.

Dengan adanya proses migrasi Televisi analog menjadi televisi digital, maka sudah sepatutnya pengguna melakukan scan ulang.

Dengan scan ulang ini Anda bisa mengembalikan siaran televisi yang hilang atau menambahkan channel siaran televisi lainnya.

Nah jika Anda belum tahu terkait cara scan ulang televisi simak ulasan artikel kali ini hingga selesai.

Cara Scan Ulang TV Digital

Dalam melakukan scan ulang khususnya untuk TV yang sudah berbasis digital ada sejumlah langkah yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

Langkah Awal

Langkah pertama, Anda bisa membuka menu pengaturan di TV menggunakan remot. Buka menu dan masuk ke bagian menu “Saluran”.

Langkah Kedua

Kemudian Anda bisa memilih opsi "Pindai Saluran". Sebagai upaya untuk mendapatkan semua siaran di TV Digital, Anda bisa lanjut dengan memilih opsi “Pencarian otomatis”

Langkah Ketiga

Langkah yang ketiga sekaligus terakhir ini adalah dengan memasukan kode Area atau kode pos yang sesuai dengan domisili atau tempat tinggal Anda sendiri. Biasanya data kode pos bisa Anda temukan melalui data diri seperti KK atau KTP.

Setelah mendapatkan dan memasukkan kode pos tersebut, kini Anda bisa beralih mode penala ke antena dan tipe saluran digital.
Setelah itu klik Cari dan tunggu proses scan siaran digital selesai.

Dengan ketiga cara tersebut Anda bisa melakukan proses scan siaran digital dengan mudah.

Keuntungan Scan Ulang TV Digital

Seiring dengan TV analog yang mulai beralih ke basis TV digital, maka untuk mendapatkan layanan siaran TV yang tidak kalah menarik, Anda harus melakukan scan ulang tv digital.

Ada beberapa keuntungan dari melakukan scan ulang TV Digital di antaranya:

Mendapatkan layanan siaran TV yang lebih banyak, bahkan siaran yang hilang bisa kembali dengan melakukan scan ulang.
● Kualitas gambar dan suara yang lebih baik, jernih dan tajam.
● Siaran TV menjadi lebih stabil terhadap perubahan kondisi cuaca.

Setidaknya 3 unggulan ini sudah sepatutnya Anda pertimbangkan untuk segera melakukan scan ulang TV digital.

Dengan penjelasan langkah cara scan ulang TV digital di atas, Anda bisa melakukannya sendiri dengan mudah.