Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2+ Panduan Cara Mengubah TV Analog ke Digital tanpa Set Top Box

bocahtehnik - Dengan migrasi TV analog ke digital tak sedikit warga mengeluh akan hal tersebut, sebab kini tak lagi bisa menonton televisi seperti biasa. Kalaupun bisa harus mengeluarkan dana untuk membeli STB. Jika Anda merasa keberatan dengan hal tersebut cara mengubah TV analog ke digital tanpa Set Top Box di bawah ini dapat membantu Anda.

panduan cara merubah tv analog ke tv digital
Istock.com

Setidaknya ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengubah TV analog ke digital tanpa harus menggunakan STB atau Set Top Box yakni diantaranya berikut ini

Menggunakan TV dengan Fitur DVB-T2

Pertama Anda bisa melakukannya dengan mengandalkan fitur DVB-T2.

Dilansir dari situs resmi Kominfo, DVB-T2 adalah jenis sinyal digital yang dibaca dan diterjemahkan dari sistem pengolahan transmisi digital terbaru yang mana menjadi bagian DVB Project. Memiliki fungsi untuk

Mengubah ukuran file video menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitasnya.

Namun sebelumnya, Anda harus tahu dahulu apakah TV Anda telah didukung DVB-T2 dengan langkah-langkah di bawah ini:

● Pertama Anda bisa mengunjungi situs resmi Kominfo yakni https://siarandigital.kominfo.go.id/.
● Setelah situs ini terbuka Anda bisa beralih ke bagian menu “Perangkat TV Digital” lalu pergi ke menu Kategori dan klik Televisi.
● Untuk cek apakah TV Anda telah terdukung atau tidak silahkan masukan merek dan tipe televisi Anda. Jika nama televisi Anda muncul maka televisi Anda telah digital. Sebaliknya jika tercantum tulisan "Mohon maaf perangkat yang Anda cari tidak terdaftar pada database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat" maka artinya televisi Anda memerlukan STB.

Setidaknya dengan 3 langkah tersebut Anda bisa tahu apakah televisi Anda telah terdukung digital atau tidak sebelum Anda membeli STB.

Migrasi TV Digital dengan Smart TV atau Android TV

Cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk memindahkan TV analog menjadi Digital adalah dengan menggunakan Smart TV atau Android TV.

Penting untuk dipahami bahwasannya keduanya ini adalah hal yang berbeda. Smart tv adalah internet TV atau televisi yang dapat tersambung ke jaringan internet.

Tidak hanya bisa menonton siaran layanan Televisi tetapi Anda pun bisa mengakses tontonan lain seperti Youtube, Netflix, iFlix, dan lain sebagainya.

Smart TV adalah sistem yang memiliki operasi tersendiri, dengan demikian aplikasi yang diunduh cukup terbatas.

Sedangkan dengan Android TV adalah sistem operasi Android yang dapat Anda unduh dan akses melalui Google PlayStore selayaknya smartphone.

Android TV pun telah didukung dengan adanya mikrofon sebagai kegunaan Google Assistant. 

Setidaknya dengan dua  cara mengubah TV analog ke digital tanpa Set Top Box diatas Anda bisa menonton layanan televisi tanpa mengeluarkan modal lagi. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya!