Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Langkah Cara Membuat Antena TV Digital Segala Arah

bocahtehnik - Pada dasarnya Antena digital sama saja dengan antena pada umumnya. Sayangnya harga antena digital yang terbilang mahal ini membuat banyak orang lebih memilih untuk membuatnya sendiri. Maka dari itu di bawah ini akan kami jelaskan cara membuat Antena TV Digital Segala Arah dengan mudah.

IStock.com

Apa itu Antena Digital?

Antena dan televisi merupakan dua perangkat yang saling beriringan. Di mana antena TV digital memiliki peran perangkat sebagai penangkap sinyal digital.

Tanpa antena, Televisi tidak dapat berfungsi dengan baik. Sebab televisi tidak dapat menangkap sinyal dengan baik yang membuat siaran channel menjadi tidak jernih.

Dengan adanya antena, TV digital memiliki peningkatan kualitas tayangan yang menjadikan gambaran dan suara menjadi lebih jernih.

Memang pada umumnya, fungsi antena digital segala arah adalah sama saja..

Namun seiring tingginya harga antena, banyak orang yang lebih memilih untuk membuat antena sendiri.

Jika Anda ingin mencoba melakukan pembuatan antena segala arah dengan sendiri, silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Cara Membuat Antena TV Digital Segala Arah

Ketika Anda ingin mencoba untuk membuat antena TV Digital segala arah untuk guna dan tujuan kebutuhan sendiri setidaknya ada 2 langkah yang harus Anda lakukan yakni berikut ini.

Persiapkan Peralatan

Untuk membuat antena tv digital segala arah yang artinya Anda membuat antena sendiri dengan tujuan untuk menghasilkan tayangan yang lebih berkualitas.

Di bawah ini adalah beberapa peralatan yang harus dipersiapkan untuk membuatnya:

● Ukuran 1 meter seng biasa atau nisplang
● Gunting Seng
● Baut
● Paku
● Palu
● Obeng

Peralatan-peralatan tersebut harus Anda persiapkan dan lengkapi untuk membuat antena segala arah.

Melakukan Langkah Prosedur

Setelah Anda menyiapkan peralatan yang telah disebutkan di atas, Anda bisa lanjut dengan mengikuti prosedur di bawah ini:

● Pertama-tama Anda bisa memotong seng yang telah disiapkan  tadi dengan menggunakan gunting seng. Perlu diperhatikan, Anda harus memotong seng tersebut dengan ukuran yang presisi. 
● Semisalnya ukuran panjang 22 cm dan 5 serta lebar miring 13, 5 mm dan persegi 35 cm.
● Setelah melakukan pemotongan seng berdasarkan acuan tersebut, Anda bisa langsung merangkai potongan seng
● Sehingga membentuk selayaknya antena. Perangkaian antena ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan peralatan yang telah disiapkan tadi seperti obeng, paku, palu, hingga gunting.
● Terakhir setelah Anda berhasil membuat antena TV digital yang segala arah ini, Anda bisa meletakan dan memasang antena di bawah genteng. Jangan sampai Anda meletakan antena tersebut di tempat yang tidak aman seperti mudah terjangkau oleh anak-anak.

Setidaknya itulah 5 langkah yang bisa Anda lakukan untuk bisa membuat antena digital segala arah dengan mudah.

Dengan penjelasan cara membuat Antena TV digital segala arah di atas, Anda akan terbantu untuk melakukannya dengan mudah.