Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat dan Cara Bikin Antena TV Digital Sendiri

bocahtehnik - Berbeda dengan TV analog, TV digital dapat menangkap sinyal tanpa membutuhkan antena khusus. Antena yang dapat menangkap sinyal ini hanya disyaratkan pesawat TV telah dilengkapi dengan tuner DVB-T2. Bahkan, Anda bisa menikmati acara televisi dengan menggunakan antena sebelumnya. Bahkan jika ingin membuat sendiri, cara bikin antena tv digital sendiri pun cukup mudah.

Dengan melakukan kreasi sendiri, Anda bisa menghemat pengeluaran modal. Lantas bagaimana caranya? Simak penjelasannya di sini!

Cara Bikin Antena TV Digital Sendiri Mudah

alat - alat yang dibutuhkan untuk membuat antena tv digital sendiri
Istock.com


Alat-Alat yang Dibutuhkan

Sebelum melangsungkan ke prosedurnya, alangkah baiknya persiapkan alat-alat yang dibutuhkan antaranya sebagai berikut:

● Plat seng lisplang ukuran 1 m
●  Kabel coaxial 75 ohm dan konektornya
● Baut serta paku secukupnya
● Perkakas seperti obeng dan tang

Prosedur Pembuatannya

Setelah Anda menyiapkan peralatan yang telah dibutuhkan selanjutnya Anda bisa melangsungkan ke tahap prosedur:

● Pertama Anda bisa memotong plat seng Buatlah potongan berpola trapesium dan persegi. Plat seng yang berukuran persegi ini dijadikan sebagai pelapis tak perlu besar menjadi 13 - 20 cm saja. Potong plat seng dengan serapi mungkin.
● Setelah plat seng dipotong sesuai bagian-bagianya, selanjutnya Anda bisa langsung merangkainya menjadi seperti antena TV atau elemen pole. Bagian-bagian tersebut bisa Anda dengan menggunakan baut dan paku.
●  Pastikan semua elemen tersambung termasuk pada bagian inti plat seng dengan kabel coaxial 75 ohm. Hubungan semua kabel dengan secara paralel dan menempel sempurna. Kabel coaxial mempengaruhi tangkapan sinyal antena jika kabel kurang menempel Maka antena akan berkurang.
● Jangan lupa Kencangkan baut-baut dan paku pada plaseng agar antena tidak mudah roboh.
● Setelah antena dibuat dan dirangkai, maka antena tersebut dapat digunakan. 

Meski antena sudah dibuat dan dapat digunakan, perlu Anda perhatikan sisi antena yang terhubung dengan kabel dan inti seng, sebab bagian ini berfungsi sebagai pengarah dan penangkap sinyal TV. 

Agar gambar semakin jernih dan jelas, posisikan bagian tersebut dengan sebaik mungkin, ya!

Nah, itulah beberapa prosedur yang bisa anda lakukan dalam cara bikin antena TV digital sendiri dengan mudah. Selamat mencoba semoga berhasil