Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Ciri – ciri TV Digital dan Kelebihannya

bocahtehnik - Transformasi TV analog ke TV digital berjalan demi 2 rencana yaitu internet yang cepat dan menyediakan frekuensi untuk berkomunikasi ketika bencana. TV digital diperlukan karena teknologi pada TV analog sekarang dipakai oleh stasiun TV nasional, dan mengkonsumsi sumber daya yang besar yaitu pada spectrum 700 MHz. Maka dari itu, pemerintah berencana akan mengalihkan ke TV digital supaya lebih efisien. Pada 20 April 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah resmi menghentikan siaran TV analog ke TV digital.

3 ciri tv digital


Migrasi TV ini sebagai langkah dalam perwujudan perubahan digital di Indonesia. Membahas mengenai TV digital, apa saja ciri-ciri dan kelebihan dari TV ini?. Simak penjelasannya sebagai berikut. 

3 Ciri-ciri TV Digital 

Beberapa ciri – ciri TV digital yaitu sebagai berikut :

1.Mempunyai Fitur Pencarian Siaran Digital (DTV)

Ciri pertama yang dapat kita ketahui terkait TV digital adalah TV yang memiliki fitur Pencarian Siaran Digital (DTV). Layar TV yang tipis tidak menjadi bahwa televisi tersebut masuk dalam kategori TV digital. Televisi digital sendiri harus dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung. Televisi digital sendiri harus mempunyai DTV yang lebih kita kenal dengan Pencarian Siaran Digital. Maka dari itu pengguna TV LED dan LCD biasanya membutuhkan Set Top Box (STB) DVB-T2 alat tambahan untuk dapat menyaksikan siaran televisi digital. Televisi digital umumnya sudah dilengkapi dengan berbagai fitur digital video broadcasting terestrial second generation (DVB-T2). 

Teknologi tersebut sangat diperlukan untuk menerimanya sebuah sinyal digital dan dapat memungkinkan kita menyaksikan siaran televisi tanpa antena eksternal.

2.Bentuknya Tidaklah Tabung

Ciri kedua yang dapat kita ketahui terkait TV digital adalah tidak berbentuk tabung. Televisi digital sendiri bentuknya tidak tabung. Ukurannya sendiri juga tidak besar dan beratnya juga relatif ringan. Sangat umum jika televisi digital mempunyai desain yang ramping dan juga tipis. Dalam televisi ini juga sudah dilengkapi teknologi layar liquid-crystal display (LCD) atau light-emitting diode (LED).

3.Audio dan Gambar Berkualitas

Ciri terkahir yang dapat kita ketahui terkait TV digital adalah audio dan juga gambar sangat berkualitas. Televisi digital sendiri dapat menghasilkan sebuah gambar dengan resolusi high definition (HD) hingga 4k. 

Tidak hanya itu, suara yang dapat dihasilkan sendiri juga lebih bagus karena dilengkapi dengan teknologi surround sound yang termasuk dalam Dolby Audio.
Dengan ciri-ciri diatas menjadikan TV digital sendiri merupanyai berbagai kelebihan. 

Kelebihan TV Digital 

Kelebihannya sendiri dari penangkapan sinyal yang sangat baik. Kelebihan tersebut antara lain adalah :

1.Kualitas visual yang jernih

kelebihan yang diberikan pada televisi digital menjadikan kita leluasa dalam melihat televisi. Kelebihan yang pertama adalah kualitas visual yang jernih. Kualitas visual yang jernih membuat kita nyaman dan tidak sakit mata dalam menontonnya. Dengan menggunakan televisi digital kita akan terhindar dari visual yang buram semut pada televisi analog. Hal itu jika ditambah audio yang bagus, dapat membuat kita terlihat seperti menonton di bioskop.

2.Dapat menerima siaran TV dalam keadaan bergerak

Kelebihan yang kedua adalah dapat menerima siaran televisi dengan kondisi bergerak. Biasanya sebelum televisi digital atau yang kita kenal dengan televisi analog sering membuat gambar dengan sebuah bayangan pada layar saat menangkap TV bergerak. Hal ini membuat kita menjadi risih dalam melihat televisi. Untungnya saja televisi digital ini mampu untuk menerima siaran televisi saat kondisi bergerak.

3.Mampu mengurangi efek noise

Kelebihan yang lainnya adalah mampu mengurus efek noise pada TV. Berbeda dari TV analog yang tidak lebih baik daripada TV digital dalam mengurangi sebuah efek noise. TV digital ini mampu mengurangi efek noise dengan sangat baik. Hal itu tentunya membuat tampilan pada gambar menjadi lebih jernih tetapi audio yang dihasilkan pada TV digital juga lebih bagus dan dapat terdengar dengan sangat jelas.

4.Dapat menangkap dan menampung banyak siaran

Kelebihan yang terakhir dari televisi digital adalah dapat menampung dan menangkap banyakk siaran dalam satu paket. Kemampuan yang didapat ini tentu dari penggunaan bandwidth pada siaran TV digital yang tidak tersebar pada TV analog. Hal itu, bisa dapat leluasa dalam menonton dan menikmati berbagai tayangan dengan lebih beragam dari berbagai channel yang dihasilkan.

Demikian beberapa ciri – ciri TV digital dan juga kelebihan TV digital yang telah dijelaskan di atas. Semoga penjelasan tersebut dapat membantu Anda dalam memahaminya.