Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4+ Cara Atasi Sinyal Trans TV Digital yang Hilang!

bocahtehnik - Anda mungkin sudah lama berlangganan dengan program acara dari Trans TV. Meski demikian dengan adanya perubahan terdapat kendala yang mana salah satunya adalah sinyal Trans TV Digital yang hilang begitu saja. Jangan khawatir hal itu wajar saja terjadi. Sebab banyak sekali faktor baik internal maupun eksternal yang mempengaruhi hilangnya sinyal saluran.

Jika hal tersebut terjadi pada Anda maka ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dan mengembalikannya saluran Trans TV. Lantas bagaimana caranya? Simak penjelasannya di sini.

4 Cara Mengatasi Sinyal Trans TV Digital

empat cara mengatasi sinyal trans tv hilang
Unsplash.com

Pastikan Frekuensi Tepat dan Lakukan Pencarian Saluran

Penyebab hilangnya sinyal Trans TV disebabkan oleh frekuensi yang tidak sesuai dengan wilayah Anda. Maka dari itu pastikan dahulu frekuensi salurannya secara tepat.

Setelah mengetahui frekuensi wilayah Anda, selanjutnya melakukan pencarian manual menggunakan kode Frekuensi tersebut.
Untuk melakukan pencarian saluran ini, Anda bisa melakukannya menggunakan remote televisi.

Sesuaikan Arah Pemancar Antena

Selain frekuensinya yang beda, bisa saja arah antena penangkap sinyal tidak sesuai. Sebab, posisi arah antena mempengaruhi penangkapan sinyalnya.

Anda bisa melihat arah antena di sekeliling, lalu posisikan antena tersebut ke arah yang sama dengan antena lain, sehingga bisa menangkap siaran TV Digital yang lebih lengkap dan sinyal Trans TV yang hilang bisa teratasi.

Pastikan Jack dan STB dalam Kondisi Baik

Jack dan STB bisa menjadi salah satu penyebab sinyal TransTV lemah atau bahkan hilang.

Nah sebagai bentuk upaya mengatasinya Anda bisa memperhatikan kabel atau jack STB yang terhubung ke antena, sebab kabel STB yang longgar atau rusak menyebabkan sinyal saluran hilang.

Selain kabel STB yang rusak atau longgar bisa saja permasalahan ada pada STB yang rusak atau kurang berkualitas. Belilah STB yang berkualitas baik.

Antena Outdoor

Umumnya antena indoor kurang maksimal dalam penangkapan sinyal televisi sehingga menyebabkan ketidakstabilan. Maka dari itu, Anda bisa memasang Antena Outdoor agar penangkapan sinyal makin maksimal.

Nah itulah sejumlah poin yang perlu diperhatikan untuk mengatasi dan mengembalikan sinyal Trans TV Digital yang hilang begitu saja.