Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2+ Tips Memilih Antena TV Digital Jogja Terbaik

bocahtehnik - Antena TV digital Jogja merupakan siaran televisi yang sudah menggunakan sinyal digital dan sistem kompresi, sehingga untuk kualitas gambar maupun suaranya pun sudah lebih baik daripada TV analog. 

cara pilih antena tv digital jogja
Bhinneka

Televisi digital ini memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh TV analog. Namun, meski memiliki banyak keunggulan, namun televisi digital juga masih membutuhkan antena agar bisa berfungsi dengan baik. Nah, antena TV digital ini digunakan untuk menangkap sinyal digital dengan lebih mudah. Penasaran bagaimana tips memilih antena TV digital terbaik?

2 Tips Memilih Antena TV Digital Jogja

Perlu Anda ketahui, bahwa antena TV digital memiliki jangkauan yang luas, sehingga saluran yang tertangkap pun lebih banyak. Selain itu, antena TV digital ini juga bisa menangkap dua jenis frekuensi, yakni VHF dan UHF. Lantas, bagaimana cara memilih antena TV digital? Simak tipsnya berikut ini!

1. Pilih Antena Berdasarkan Penempatannya

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli antena TV digital Jogja adalah ketahui terlebih dahulu dimana Anda akan menempatkan antena tersebut. Pasalnya, antena yang ditempatkan di dalam ruangan dan di luar ruangan memiliki perbedaan yang cukup signifikan. 

Antena yang dipasang di dalam ruangan biasanya memiliki bentuk compact, sehingga posisinya pun mudah disesuaikan. Selain itu, antena indoor ini juga lebih aman dari sambaran petir dan harganya relatif terjangkau. Meskipun begitu, posisi yang bisa dipindah ini juga ternyata bisa mempengaruhi saluran TV yang tertangkap. 

Sementara itu, untuk antena TV digital yang ditempatkan di luar ruangan bisa menangkap lebih banyak saluran TV dan hasil tayangannya pun lebih jernih. Namun, untuk pemasangan antena outdoor ini lebih repot dan harganya pun lebih mahal. 

2. Pilih Antena Sesuai Jenis TV

Ketika Anda hendak membeli antena TV digital Jogja, maka Anda harus menyesuaikan ukuran antenanya dengan jenis TV yang Anda miliki. Jika Anda menggunakan TV LED atau LCD, maka antena yang cocok adalah antena berukuran sedang hingga besar, karena akan lebih mudah dalam menangkap sinyal. 

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan sebelum membeli antena TV digital adalah membeli antena dengan kabel coaxial, membeli antena yang memiliki deret padat dan panjang, serta gunakan booster untuk memperkuat sinyal yang diterima oleh antena. 

Dan inilah beberapa rekomendasi antena TV digital Jogja yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Semoga beberapa produk antena diatas bisa menjadi jawaban bagi Anda yang sedang berencana untuk membeli antena TV digital untuk penguat sinyal TV di rumah.