Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Frekuensi Kompas TV HD di Telkom 4

bocahtehnik - Banyak masyarakat yang mengeluhkan channel TV nya menghilang secara tiba-tiba. Mungkin hal itu terjadi akibat adanya perubahan frekuensi siaran karena beberapa stasiun televisi swasta seperti Kompas TV mengumumkan perubahan frekuensi siarannya. Memang sejak April tahun 2021 frekuensi di Telkom 4 mengalami perubahan, sehingga Kompas TV harus melakukan update. Lalu, berapakah frekuensi Kompas TV HD di Telkom 4?

frekuensi kompas tv hd di telkom 4 terbaru
kompas.tv

Apa Itu Telkom 4?

Telkom 4 merupakan satelit yang juga dikenal sebagai Satelit Merah Putih. Satelit ini merupakan satelit komunikasi geostasioner milik Indonesia dan dioperasikan oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Satelit Telkom 4 mulai diluncurkan pada 7 Agustus 2018 pukul 12.18 WIB.

Daftar frekuensi televisi yang dijangkau satelit Telkom 4 menjadi acuan bagi para pengguna parabola. Karena kebanyakan channel TV saat ini sudah masuk ke Telkom 4. Namun, daftar frekuensi tersebut akhir-akhir ini mengalami perubahan dan penyesuaian. Hal ini terjadi karena ada perubahan pada Analog Switch Off (ASO) 2022 yang memengaruhi frekuensi untuk Kompas TV dan lainnya berubah, guna kualitas gambar yang ditampilkan menjadi lebih baik dan jernih.

Frekuensi televisi sangatlah berguna terutama bagi para pengguna parabola Telkom 4 dan satelit lainnya. Karena tanpa adanya frekuensi, parabola Anda tidak akan menangkap satu channel pun. Sebelum Satelit Telkom 4, terdapat juga Satelit Palapa. Namun, saat ini Satelit Palapa sudah tidak beroperasi.

Frekuensi Kompas TV HD di Telkom 4 dan Cara Mencarinya

Kompas TV merupakan TV satelit milik swasta nasional Indonesia yaitu Kompas Gramedia Indonesia, sudah dikenal oleh hampir semua warga Indonesia. Kompas TV menyajikan beragam berita terupdate. Channel ini dapat diterima melalui antena parabola maupun antena UHF Mhz. Untuk mencari channelnya di parabola, Anda memerlukan dish parabola dengan ukuran 6, 8, atau 10 feet serta dukungan receiver parabola yang berformat Mpeg-2 dan Mpeg-4.

Sebelumnya, Kompas TV menghilang dan tidak ada siaran apapun merupakan dampak dari adanya perubahan transponder sejak seminggu lamanya. Hal ini bertujuan agar tampilan dari Kompas TV lebih baik, halus, dan jernih. Saat ini,  frekuensi Kompas TV HD di Telkom 4 ditemukan pada titik koordinat 108.0°E. Lalu, bagaimana cara mencari channel Kompas TV?

Setidaknya ada dua cara untuk menemukan Kompas TV, yaitu secara manual dengan memasukkan satu persatu kode frekuensi dan secara otomatis yang mana Anda akan mendapatkan semua channel TV. Berikut transponder frekuensi Kompas TV HD di Telkom 4.

DATA

KETERANGAN

Channel

Kompas TV HD

Satelit

Telkom 4

Posisi

108.0°E

Transponder

4104 H 1000

Frekuensi

4104

Pol

Horizontal

Symbolrate

1000

Video PID

4112

Audio PID

4112

PCR

PID4112


Itulah frekuensi Kompas Tv HD di Telkom 4. Apabila Anda ingin memasukkan frekuensi secara manual, jangan lupa untuk menyiapkan kode frekuensi, symbolrate, dan data lainnya. Kode frekuensi pada TV satelit, suatu waktu akan mengalami perubahan.