Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Penyebab Frekuensi Kompas TV Digital Hilang dan Cara Mengatasinya

bocahtehnik - Beberapa waktu yang lalu, sejumlah masyarakat di Indonesia sempat mengeluh dan bertanya-tanya mengapa frekuensi kompas TV digital hilang. Apa alasan yang membuatnya bisa menghilang? Hampir semua pengguna pun sempat kecewa karena tidak dapat menyaksikan siaran TV kesayangannya dengan berbagai progam acara-acara yang menarik. 

penyebab frekuensi kompas tv hilang
Bagaimana.web.id

Nah disini penulis akan membantu menjawab pertanyaan tersebut, apa alasan yang mendasari hilangnya chanel Kompas TV tersebut? Dari pada penasaran yuk langsung simak saja ulasan lengkapnya diartikel ini agar segara mengetahuinya.

Alasan Frekuensi Kompas TV Digital Hilang 

Berikut ini alasan mendasari mengapa frekuensi kompas TV digital hilang? ternyata terdapat dua faktor. Faktor pertama yaitu adanya perbaikan pada sistem Kompas TV, dan faktor yang kedua yaitu Kompas TV telah melakukan sejumlah persiapan untuk beralih dari TV analog ke TV digital. Kedua faktor tersebutlah yang menyebabkan hilangnya chanel TV nasional ini. 

Namun Anda tidak perlu khawatir, setelah sempat menghilang kini siaran Kompas TV digital pun sudah dapat disaksikan kembali di sekitar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, serta Bekasi. Tentunya pengguna TV digital bisa menikmati secara puas progam-progam acara Kompas TV melalui televisi digital secara jernih dan bersih. tanpa adanya kendala sedikit pun.

Cara-Cara Mengatasi Kompas TV Hilang

Berikut ini cara-cara yang perlu Anda ketahui dalam mengatasi siaran Kompas TV yang hilang dengan mudah.

1. Berpindah Satelit

Langkah pertama yang dapat Anda coba adalah dengan mengubah arah antenna parabola dari satelit Palapa D menuju frekuensi Kompas TV satelit Telkom 4.

2. Mengecek Frekuensi Transponder

Langkah kedua yang bisa Anda coba adalah, dengan memeriksi frekuensi transponder Kompas TV apakah sudah tepat dengan frekuensi terbarunya. Jika frekuensi tranponder tidak tepat atau sesuai, maka Anda perlu memasukkan frekuensi TP terbaru tersebut agar siaran Kompas TV Anda bisa muncul.

3. Geser Arah Parabola

Langkah selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggeser arah parabola yang ada dirumah Anda, mengapa demikian? Hilangnya siaran Kompas TV al ini bisa saja disebabkan oleh hujan atau kencangnya angin. Maka dari itu tak ada salahnya jika Anda mencoba menggeser arah parabola Anda secara perlahan dengan arah yang benar, supaya dapat menerima gelombang Kompas TV.

4. Mengecek LNB

Langkah terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan mengecek LNB yang berada di tengah piringan parabola, dikhawatirkan terjadi kerusakan. LNB sendiri berfungsi sebagai penerima dan pengelolah frekuensi yang terpantul dari piringan parabola. Tak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mengeceknya.

Nah, itulah informasi seputar frekuensi Kompas TV digital hilang dan cara-cara mengatasinya yang bisa Anda coba sendiri. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalahan Anda.