Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Kenali Penyebab Dinamo Mesin Cuci Konslet Berikut Ini, Sebelum Anda Membawanya Ke Tempat Servis!

bocahtehnik - Pernahkah Anda mengalami insiden mesin cuci di rumah Anda mengeluarkan bau seperti terbakar? Bisa jadi, dinamo pada mesin cuci tersebut mengalami konslet. Sebelum Anda membawanya ke tempat servis, ada baiknya Anda mencari tahu penyebab dinamo mesin cuci konslet tersebut, agar Anda tidak melakukan kesalahan yang sama, yang akan membuat dinamo mesin cuci kembali konslet untuk yang kedua kalinya!

dinamo mesin cuci konslet


Penyebab Dinamo Mesin Cuci Konslet yang Paling Umum Terjadi

Sebagaimana diketahui, ada beberapa penyebab yang bisa membuat mesin cuci menjadi mudah rusak. Salah satu diantaranya yaitu karena dinamo pada mesin cuci tersebut tiba-tiba mengalami konslet.

Pada umumnya, pemilik mesin cuci akan langsung membawa mesin cuci yang mengalami konslet tersebut ke tempat servis mesin cuci, tanpa tahu penyebabnya. Sehingga saat mesin cuci tersebut digunakan kembali, maka permasalahan dinamo mesin cuci konslet tersebut kini berulang kembali. 


Oleh karena itu, selain membawanya ke tempat servis, ada baiknya Anda juga mengetahui beberapa penyebab dinamo mesin cuci konslet, agar Anda tidak mengulangi kesalahan yang sama. Secara garis besar, beberapa penyebab dari dinamo mesin cuci konslet ini diantaranya:

1.Digunakan Secara Terus Menerus

Penyebab pertama yang bisa membuat dinamo mesin cuci sering mengalami konslet yaitu bilamana mesin cuci tersebut digunakan secara terus menerus. Dalam arti, mesin cuci diabiarkan berputar terus menerus, tanpa ada jeda. Pada kondisi ini, mesin cuci biasanya akan mengeluarkan bau seperti terbakar, yang menandakan dinamo pada mesin cuci tersebut mengalami konslet.

2. Beban Mesin Cuci yang Terlalu Besar

Selain karena sering digunakan secara terus menerus, penyebab dinamo mesin cuci konslet lainnya yaitu bilamana beban yang dimasukkan pada mesin cuci tersebut terlampau besar. Dalam arti, saat Anda memasukkan pakaian dalam jumlah yang banyak, yang melebihi kapasitas beban yang telah ditentukan, maka besar kemungkinan, hal tersebut akan membuat dinamo mesin cuci akan mudah mengalami konslet.

Biasanya, mesin cuci yang memiliki beban yang terlalu besar akan berputar dengan lambat. Hanya saja, bagi sebagian orang, hal tersebut sering dianggap wajar, sehingga mesin cuci tetap digunakan, atau malah dipaksakan untuk berputar lebih cepat. Akibatnya, mesin cuci menjadi mudah panas, yang nantinya bisa membuat dinamo mesin cuci menjadi cepat konslet.

3. Memaksa Mesin Cuci Berputar dalam Kapasitas Maksimal

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan pemilik mesin cuci yaitu memaksa mesin cuci berputar dalam kapasitas maksimal. Meskipun cara ini merupakan cara paling efektif untuk menyelesaikan pekerjaan Anda, namun perlu Anda ketahui, bahwa memutar mesin cuci dengan kapasitas maksimal, dan dilakukan secara terus menerus, akan membuat dinamo mesin cuci tersebut menjadi mudah mengalami konslet.


4. Kabel Dinamo Putus

Penyebab lainnya mengapa dinamo mesin cuci konslet yaitu karena kabel dinamo tersebut putus. Penyebabnya mungkin saja karena dimakan tikus, maupun karena hal lainnya. Untuk melakukan pengecekan mengenai hal itu, cara terbaik tentunya dengan membongkar mesin cuci, dan melihat sendiri mengenai kondisi kabel dari mesin cuci tersebut.

Itu dia beberapa penyebab dinamo mesin cuci konslet. Meskipun memang solusi terbaik untuk mengatasi dinamo mesin cuci konslet tersebut yaitu dengan membawa dinamo maupun mesin cuci tersebut ke tempat servis mesin cuci, namun setidaknya, dengan mengetahui beberapa penyebabnya, setidaknya Anda mungkin tidak akan melakukan kesalahan yang sama, yang bisa membuat dinamo mesin cuci mengalami konslet untuk kedua kalinya.