Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Gearbox Mesin Cuci 2 Tabung dan Cara Perawatannya

bocahtehnik - Gearbox mesin cuci merupakan komponen penting yang didalamnya ada roda dan tuas. Harga gearbox mesin cuci 2 tabung di beberapa toko berbeda sesuai dengan tipe dan kualitas dari gearbox tersebut.

harga gearbox mesin cuci 2 tabung
m.bukalapak.com

Untuk penampakan gearbox khusus mesin cuci 2 tabung memiliki perbedaan dengan mesin cuci 1 tabung. Hanya saja dari segi fungsinya keduanya memiliki kesamaan yakni sebagai penghubung antara motor dinamo dan pulsator.

Tanpa adanya gearbox maka mesin cuci tidak akan bisa dipakai untuk menggilas pakaian dengan baik. Pasalnya pulsator tidak akan bergerak dan membuat pusaran air.

Harga Gearbox Mesin Cuci 2 Tabung dan Tips Merawatnya

Harga gearbox untuk mesin cuci memang tidak mahal mulai di bawah angka Rp 50 ribuan bahkan masih tersedia. Namun  untuk kualitas bagus pilih gearbox sesuai merk mesin cuci dan kualitasnya juga harus diperhatikan.

Untuk harga gearbox ada juga yang hampir mendekati Rp 500 ribuan, itulah kenapa lebih baik merawat gearbox mesin cuci dibandingkan membeli baru. Cara merawat gearbox pada mesin cuci bisa dilakukan dengan beberapa langkah di bawah ini:

1. Masukkan Pakaian Sesuai Kapasitas

Setiap mesin cuci memiliki kapasitas mulai berapa Kg daya tampung yang bisa dipergunakan. Usahakan untuk tidak memasukkan pakaian di luar daya tampung supaya menjaga gearbox tetap bagus meski dipakai jangka panjang.

2. Gunakan Mesin Cuci Sesuai dengan Panduan

Tiap pembelian mesin cuci akan disertai dengan panduang cara penggunaan mesin yang tepat. Jangan abaikan panduannya meski sudah menggunakan mesin cuci jangka panjang karena dengan menggunakan sesuai aturan maka mesin cuci bisa lebih awet.

Sebagai contoh dengan tidak menggunakan mesin cuci dengan kondisi minim air. Lalu menggunakan detergen khusus mencuci pakaian di mesin cuci sebagai perawatan. Aturan lainnya penggunaan mesin cuci hanya khusus pakaian sehingga harus terhindar dari benda tajam atau keras ketika mencuci.

3. Gunakan Mesin Cuci Saat daya Listrik Stabil

Ketika daya listrik kurang stabil alangkah baiknya untuk menghindarkan penggunaan mesin cuci. Selain memperberat pekerjaan gearbox juga membuat mesin pada mesin cuci cepat rusak.

Ketika listrik stabil maka mesin yang bekerja juga akan stabil dan bisa maksimal untuk dipakai. Itulah kenapa sangat penting untuk menggunakan mesin cuci ketika listrik dalam keadaan bagus, gearbox bisa tahan lama jika digunakan sesuai dengan listrik yang dibutuhkan.

Itu dia harga gearbox mesin cuci 2 tabung dan juga cara perawatan dasarnya. Daripada membeli gearbox baru alangkah lebih baik jika merawatnya terlebih dahulu.