Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Kondensor AC dan Cara Perawatannya

bocahtehnik - Kondensor maupun Condenser ialah komponen AC mobil yang memiliki fungsi penting sebagai sistem pendingin. Namun, pada dasarnya kondensor tidak hanya berfungsi sebagai sistem pendingin tetapi juga sistem pengapian. Lebih jelasnya mengenai fungsi kondensor AC bisa Anda simak ulasan di  artikel bawah ini.

fungsi kondensor ac
IStock.com

Apa Itu Fungsi kondensor AC?

Kondensor memiliki peran yang sangat penting bagi bagian sistem AC dalam mobil. Setidak kondensor AC memiliki dua fungsi penting yakni:

Sebagai Sistem Pendingin

Menurut pendapat dari Oktama Kurniawan selaku Service Advisor Rotary Bintaro Cabang Kuningan, ia menjelaskan bahwasannya kondensor merupakan alat yang berfungsi untuk mengkondensasikan atau mengubah gas (freon) tekanan tinggi untuk menjadi cairan.

Intinya Kondensor AC ini bekerja dengan fungsi dan kegunaanya sebagai pembuang udara panas dari penggunaan Freon yang berasal dari kompresor AC.

Dengan dibantu oleh cooling fan atau kipas pendingin ini, Freon yang mulanya berbentuk gas dapat berupa menjadi cairan.

Tanpa kondensor, Freon berbentuk gas ini tidak akan bisa menjadi cairan.

Sistem Pengapian

Selain berfungsi sebagai pendingin, Kondensor AC pun berperan dalam sistem pengapian. Di mana kondensor dapat menyerap loncatan bunga api pada bagian breaker point di platina.

Fungsi dari ini adalah menghasilkan kenaikan tegangan pada koil sekunder serta menjaga kondisi platina untuk tidak mengalami aus.

Dengan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan Kondensor memiliki peran yang sangat penting dalam mempengaruhi dinginnya Air Conditioner di dalam mobil.

Agar kondensor AC ini berfungsi dengan baik dan maksimal di setiap waktu, maka Anda harus bisa merawat Kondensor AC dengan baik.

Lantas Bagaimana Cara Merawat Kondensor AC?


Agar kondensor AC tidak mudah rusak, tentunya Anda harus bisa berupaya untuk memelihara dan merawatnya.

Jaga Kebersihan Kondensor

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah untuk tetap menjaga kebersihan kondensor AC. Memastikan kondensor untuk berada dalam keadaan bersih dari debu dan kotoran adalah langkah awal yang sangat penting. Anda bisa menyemprot kondensor pada tekanan airnya. Namun, harus Anda ingat jangan terlalu kencang nyemprotnya agar sirip kondensor tak mudah penyok.

Melakukan Service Rutin

Selain menjaga kebersihan kondensor dari kotoran, Anda pun harus melakukan servis secara rutin dan berkala. Setidaknya Anda melakukan servis rutin di setiap 3 hingga 6 bulan sekali. 

Setidaknya dengan dua tips tersebut, kondensor AC mobil lebih terawat dan terjaga. Dengan demikian fungsi kondensor AC senantiasa maksimal.

AC kondensor adalah elemen yang sangat penting pada sistem AC, memiliki guna dan peran yang sangat tinggi. Maka dengan demikian, Anda harus bisa menjaga dan merawat kondensor dengan baik, merawat dan melakukan service berkala. Dengan begitu fungsi Kondensor AC lebih terasa.