Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kondensor AC Punya Fungsi Beragam, Ini Penjelasannya

bocahtehnik - Kondensor AC merupakan komponen penting yang ada dalam AC yang fungsinya memiliki kaitan satu sama lain. Jika satu bagian mengalami gangguan maka bagian lain akan merasakan akibatnya yang bisa membuat kerusakan makin parah jika tidak ditangani.

kondensor ac
Tokopedia/Everest AC Mobil

AC saat ini ada hampir di setiap rumah. Cuaca panas di rumah membuat kebutuhan AC semakin meningkat. Pemasangan AC ini kadang kala tidak dengan pengetahuan si pemilik cara perawatan komponennya termasuk juga dengan kondensor.

Pengertian Kondensor AC dan Fungsinya

Maksud dari Kondensor adalah alat yang memiliki fungsi sebagai penukar kalor atau panas. Nantinya panas akan berubah bentuk dari bentuk gas menjadi cair yang fungsinya untuk menurunkan suhu temperature pada refrigerant.

1.Fungsi Kondensor

Fungsi utama dari pipa kondensor yang bentuknya berliku adalah untuk melepaskan kalor atau panas lebih cepat. Karena fungsinya yang langsung berhubungan dengan proses pendinginan maka sangat penting menjaga kebersihan tiap bagian sirip pipa kondensor rutin.

Jika pipa atau bagian sirip pada kondensor ini kotor yang terjadi adalah pendingin ruangan akan mengalami penurunan kualitas. Untuk kondensor yang letaknya ada di bagian luar AC punya fungsi untuk membuang panas yang cairannya akan dibuang.

2.Saran Perawatan Kondensor

Perawatan khusus pembersihan kondensor bisa dilakukan setiap enam bulan sekali. Berbeda jika Anda mempunyai hewan yang tinggal satu rumah maka perlu untuk melakukan pembersihan kondensor lebih awal bisa tiga atau empat bulan sekali

Satu aturan lain yang sudah diketahui namun sering diabaikan adalah larangan merokok. Untuk perokok akan lebih baik jika merokok di luar ruangan agar menjaga kondensor tetap terawat dan bisa bertahan jangka panjang.

3.Servis Rutin

Kelemahan AC yang dipakai dalam jangka panjang adalah pendingin yang mulai menurun kinerjanya. Itulah kenapa penting untuk melakukan servis secara rutin supaya menghindarkan dari penurunan kualitas yang kerap terjadi.

Perawatan kondensor menjadi unsur paling penting untuk tiap AC. Bukan hanya AC rumah saja namun segala jenis AC mulai dari mobil hingga lainnya. Melakukan servis rutin akan menghindarkan biaya yang lebih mahal jika melakukan servis ketika AC rusak.

Memilih jasa yang tepat juga sangat penting. Jika tidak memilih jasa yang tepat hal yang dikhawatirkan adalah AC bisa makin cepat rusak dan butuh servis banyak dengan biaya yang tinggi pula.

Para pemilik AC bisa meminimalisir biaya servis atau pembenahan dengan merawat kondensor AC dengan tepat. Dijamin AC akan lebih optimal fungsinya dan bisa bisa dipakai dalam jangka panjang.