Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Mesin Cuci Konslet Karena Tidak Ada Sistem Grounding

bocahtehnik - Mesin cuci konslet merupakan salah satu masalah yang seringkali terjadi pada sebagian besar mesin cuci. Bagi sebagian orang, membawa mesin cuci konslet ke tempat servis menjadi solusi yang paling efektif. Namun sebenarnya, Anda juga bisa memperbaikinya sendiri. Dengan ketentuan, bahwa konslet yang terjadi merupakan kondisi konsleting yang belum begitu parah. Bagaimana caranya! Yuk simak penjelasannya berrikut ini!

cara mengatasi mesin cuci konslet
Whereaglesfly


Penyebab Mesin Cuci Konslet yang Paling Umum

Sebenarnya ada beberapa penyebab yang bisa membuat mesin cuci menjadi konslet. Beberapa diantaranya bisa diperbaiki sendiri, namun ada juga masalah konsleting pada mesin cuci yang tidak bisa diatasi sendiri. Dalam arti, Anda perlu membawa mesin cuci konslet tersebut ke tempat servis.


Khusus pada kesempatan ini akan dibahas mengenai konsleting pada mesin cuci, yang bisa Anda atasi sendiri. Dimana masalah konsleting yang dimaksud yaitu bilamana mesin cuci mengeluarkan bau seperti terbakar, yang diakibatkan karena body mesin cuci tersebut tidak dipasangkan secara grounding.

Dimana grounding tersebut diartikan bahwa pemasangan dan penyimpanan body mesin cuci hendaknya dihubungkan pada bumi/tanah (ground). Selain megeluarkan bau seperti terbakar, ciri lainnya dari mesin cuci yang mengalami konslet karena tidak ada sistem grounding ini yaitu bilamana tangan Anda tersetrum, saat akan memasukkan, maupun mengambil pakaian ke dalam mesin cuci.

Cara Melakukan Grounding pada Mesin Cuci untuk Menghindari Konslet 

Sebenarnya, sistem grounding dilakukan bukan hanya untuk menghindari terjadinya konslet saja, namun juga melindungi mesin cuci tersebut dari adanya petir. Bukan hanya itu saja, sistem grounding juga diperlukan agar peralatan elektronik, salah satunya yaitu mesin cuci, bisa membuang tegangan induksi, yang berasal dari dinamo.

Adapun cara melakukan grounding untuk menghindari konslet pada mesin cuci diantaranya:

•Langkah pertama, yaitu membuat sebuah instalasi listrik, dengan cara menanamkan kabel ground pada tanah yang dilewati saluran air
•Langkah selanjutnya, yaitu dengan mencolokkan steker mesin cuci pada stop kontak, yang ada pada instalasi listrik yang telah dipasang kabel ground. Sementara 
•Untuk mesin cuci yang menggunakan 2 kabel, proses grounding ini bisa dilakukan dengan cara melilitkan, serta mengencangkan kabel ke baut yang ada di mesin cuci bagian bawah. Sedangkan kabel yang satunya dihubungkan ke instalasi listrik yang dipasangi kabel ground


Itu dia salah satu cara mengatasi mesin cuci konslet yang diakibatkan karena tidak adanya sistem grounding pada mesin cuci. Dari penjelasan diatas bisa ditarik kesimpulan, bahwa tidak semua mesin cuci yang mengalami konslet harus dibawa ke tempat servis. Karena khusus untuk konsleting mesin cuci yang diakibatkan karena tidak adanya sistem grounding ini, bisa Anda atasi sendiri dengan mudah. Selamat mencoba!