Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Frekuensi TV Digital Emtek di Sukabumi Pindah ke 38 UHF: Scan Ulang untuk Nikmati Program Favorit

bocahtehnik - Pada Rabu, 28 Desember 2022, terdapat update terbaru terkait siaran TV digital Emtek di wilayah Sukabumi dan sekitarnya. Emtek resmi memindahkan frekuensi siaran mereka ke 38 UHF, sehingga masyarakat setempat dapat kembali menikmati program favorit mereka dengan cara melakukan scan pada frekuensi tersebut melalui TV digital.

Frekuensi TV Digital Sukabumi
pixabay

Sebelumnya, Emtek mengudara melalui kanal transisi pada frekuensi 33 UHF sebelum beberapa penyelenggara MUX melakukan penyesuaian frekuensi menyusul dilaksanakannya analog switch off (ASO) di Bandung Raya dan sekitarnya, serta diumumkannya rencana ASO di beberapa wilayah Jawa Barat lainnya. Saat ini, Emtek menempati kanal tetap pada frekuensi 38 UHF yang dialokasikan oleh Kominfo.

Saat ini, hanya ada dua penyelenggara MUX yang masih menggunakan kanal transisi di wilayah Sukabumi dan sekitarnya, yaitu VIVA Group dan TRANSMEDIA.

Untuk masyarakat yang sudah beralih ke TV digital, tidak perlu khawatir dengan hilangnya siaran Emtek seiring dengan perpindahan frekuensi ke kanal tetap. Mereka hanya perlu melakukan scan manual pada frekuensi 38 UHF untuk dapat menyaksikan program kesayangan di SCTV, Indosiar, MOJI, dan Mentari TV serta Kompas TV yang turut menyewa MUX Emtek di wilayah tersebut.

Bagi yang masih menggunakan pesawat TV analog dan belum beralih ke siaran TV digital, disarankan untuk segera membeli set top box (STB) DVB-T2 di toko elektronik terdekat atau secara online. Sebab, jika nantinya ASO diberlakukan, harga STB diprediksi akan mengalami kenaikan.

Sebaiknya segera beralih ke siaran TV digital yang menawarkan gambar yang bersih, suara yang jernih, serta teknologi yang lebih canggih.

Frekuensi tv digital sukabumi

Salah satu frekuensi radio yang digunakan untuk menyiarkan siaran televisi adalah UHF. Beberapa saluran televisi dan penyelenggara MUX tersedia di frekuensi UHF sebagai berikut:

MUX TVRI (29 UHF)

TVRI Nasional
TVRI Jawa Barat
TVRI World
TVRI Sports

MUX Media Group (32 UHF)

Metro TV
Magna Channel
BN Channel
MGSTV
Sembada TV

MUX VIVA Group (35 UHF, kanal transisi 37 UHF)

ANTV
tvOne
VTV

MUX Emtek (38 UHF)

SCTV
Indosiar
MOJI
Mentari TV
Kompas TV

MUX MNC Group (41 UHF)

RCTI
MNCTV
GTV
iNews
RTV

MUX TRANSMEDIA (44 UHF, kanal transisi 45 UHF)

Trans TV
Trans7
CNN Indonesia
CNBC Indonesia

Dengan tersedianya saluran televisi di frekuensi UHF ini, masyarakat dapat menikmati berbagai tayangan televisi secara gratis tanpa harus berlangganan TV kabel atau TV satelit. Namun, pemirsa perlu memiliki antena UHF yang dapat menangkap sinyal televisi terestrial dengan baik agar dapat menonton saluran televisi di frekuensi UHF ini.