Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TV Digital Pakai Frekuensi Apa? Begini Penjelasan dan Keunggulannya

bocahtehnik - Ada banyak sekali perbedaan yang terdapat di antara TV Digital dengan TV analog, mulai dari penangkapan sinyal hingga jenis frekuensi yang digunakannya. Tentu sudah sepatutnya sebagai pengguna televisi sejak lama menanyakan perihal TV digital pakai frekuensi apa?

tv digital menggunakan frekuensi apa
Istock.com

Setidaknya dengan mengetahui jenis frekuensi yang digunakan ini akan menambah wawasan Anda yang semakin luas. Daripada penasaran langsung saja simak ulasan mengenai jenis frekuensinya.

TV Digital Pakai Frekuensi Apa? Cari Tahu Disini!

Dilansir dari Kominfo.go.id menjelaskan bahwasannya penyiaran televisi basis digital yang terrestrial  ialah penyiaran yang menggunakan jenis frekuensi radio VHF atau UHF selayaknya penyiaran analog. Namun tentu saja ada perbedaan yang terdapat pada keduanya ini, di mana penyiaran televisi digital menggunakan format konten basis digital.

Tentu saja penyiaran televisi digital ini menawarkan banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis Televisi analog.

Di dalam penyiaran televisi digital terdapat dua status yakni Terima atau Tidak. Jika perangkat menerima siaran dan bisa menangkap sinyal, maka program siaran diterima (status Terima) sebaliknya (status Tidak) jika sinyal tidak diterima maka yang ada pada layar Televisi gambar dan suara tidak muncul.

Keunggulan TV Digital

Seperti yang telah disebutkan tadi bahwasannya TV Digital lebih unggul dibandingkan dengan TV analog. Yang mana keunggulannya ini adalah sebagai berikut:

Gambar dan Suara

Keunggulan yang paling menonjol pada TV Digital adalah Gambar dan Suara. Di mana dengan menggunakan layanan TV digital Anda akan lebih menikmati program acara televisi sebab gambar dan suara yang berkualitas jernih dan tajam bahkan kini tak lagi ada gambar berbayang atau noise yang mengganggu di layar.

Televisi Digital lebih stabil akan cuaca dibandingkan dengan TV analog. Dengan demikian pengguna bisa mendapatkan experience yang luar biasa.

Adanya Fasilitas EPG

Fasilitas yang tidak ditemukan pada jenis TV analog ialah adanya fasilitas EPG (Electronic Program Guide). Fasilitas ini memungkinkan pengguna mengetahui acara-acara yang telah dan akan ditayangkan. 

Dua keunggulan ini dipengaruhi oleh faktor frekuensi dan sistem. Demikianlah penjelasan mengenai TV digital pakai frekuensi apa. Semoga informasi ini dapat membantu Anda.