Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Harga Antena Digital untuk TV Tabung?

bocahtehnik - Harga antena digital untuk TV tabung memang cukup beragam. Hal ini dikarenakan banyaknya peminat akibat dimatikannya siaran TV analog pada November 2022 lalu. Dengan dimatikannya siaran TV analog ini, maka nantinya semua siaran televisi akan dilakukan secara digital. 

harga antena tv tabung digital
TeknisiTV

Hal ini memang merupakan sebuah keuntungan tersendiri bagi Anda yang memang TV nya sudah mendukung siaran TV digital. Namun, untuk Anda yang masih menggunakan TV analog atau TV tabung tidak perlu khawatir juga. Sebab, Anda masih bisa menonton TV siaran digital dengan menggunakan antena khusus dan Set Top Box. Lantas, berapa harganya?

Cara Agar TV Tabung Bisa Menangkap Siaran TV Digital dan Harga Antena Digital untuk TV Tabung

Perlu Anda ketahui, bahwa Set Top Box ini merupakan sebuah perangkat yang bisa mengubah sinyal digital yang diterima dari satelit ke dalam format analog agar bisa disiarkan ke TV analog. Perangkat ini sebenarnya sudah banyak dijual di pasaran, baik secara offline maupun secara online dengan harga antena digital untuk TV tabung yang beragam. 

Anda bisa mendapatkan perangkat STB ini dengan harga mulai dari Rp150.000,00 hingga Rp300.000,00. Lantas, bagaimana cara TV analog bisa menangkap siaran TV digital?

1. Berada di wilayah yang terdapat sinyal TV digital. Hal ini bisa diketahui dengan menggunakan aplikasi sinyal TV digital dari Kominfo. 
2. Tetap menggunakan antena UHF yang lama. Sebab, Kominfo menegaskan bahwa antena UhF masih bisa digunakan untuk menangkap sinyal digital. 
3. Memasang set top box yang sudah terverifikasi oleh Kominfo. 
4. Pasangkan kabel RCA di TV tabung yang sebelumnya sudah terhubung ke STB atau HDMI. 
5. Nyalakan TV tabung dan STB. 
6. Setelah itu, masuk ke menu setting atau pengaturan. 
7. Jika sudah, pilih HDMI atau menu AV jika tidak terdapat menu HDMI. 
8. Selanjutnya, pilih menu scan atau pencarian yang nantinya secara otomatis akan mendeteksi siaran TV digital di sekitar wilayah Anda tersebut.

Jadi, untuk harga antena digital untuk TV tabung memang cukup beragam. Tergantung dari merek yang Anda pilih juga. Selain itu, Anda juga bisa mencoba cara yang sudah dijelaskan di atas agar TV tabung Anda tetap bisa menangkal siaran TV digital