Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4+ Penyebab Pengering Mesin Cuci Berputar Tetapi Tidak Kering. Wajib Tahu!

bocahtehnik -  Mencuci baju tidak akan lengkap tanpa adanya mesin yang mendukung dengan baik. Sekarang ini, sudah ada banyak orang yang memilih untuk menggunakan mesin cuci daripada tangan. Anda dapat memilih alat yang ingin digunakan.  Dengan memakai mesin, prosesnya akan menjadi lebih cepat juga. Hanya saja, Anda akan bingung ketika pengering mesin cuci berputar tetapi tidak kering.

pengering mesin cuci berputar namun tidak kering
Unsplash.com

Tidak usah memikirkan masalah yang satu ini juga. Anda dapat memperoleh kemudahan sendiri dengan menjaga kualitas mesin yang ingin dimanfaatkan sebaik mungkin. Mesin cuci dapat bekerja dengan baik jika Anda memilih yang terbaik juga. Jangan asal dalam pemakaian dan perawatannya. Mesin pengering memang rawan kerusakan jika tidak dijaga dengan baik.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Berputar Tetapi Tidak Kering

Tentunya, setiap masalah yang ada pada mesin cuci dapat diatasi menggunakan cara tertentu. Ada banyak langkah yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah pada pengering.  Agar hasil pakaian yang dimasukkan dapat kering dengan baik, Anda dapat menggunakan beberapa langkah sederhana.  Salah satunya dengan menemukan penyebabnya. Berikut ini berbagai kemungkinannya:

1. Vanbelt longgar

Penyebab utama yang membuat pengering mengalami kerusakan ada pada vanbelt yang dimanfaatkan. Tentunya, vanbelt harus ketat pada tempatnya agar dapat berfungsi dengan baik. Sabuk yang menghubungkan dinamo dengan tabung ini harus berada di posisinya. Daya putaran terhadap tabung akan berkurang jika vanbelt longgar.

2. Kapasitor lemah

Tentunya, penyebab lain dari pengering mesin cuci berputar tetapi tidak kering juga ada. Hal ini dapat terjadi karena kapasitor pada mesin cuci yang lemah.  Adanya kapasitor ini akan memberikan arus dan tegangan sehingga dinamo dapat berputar.  Kapasitor lemah juga menandakan dinamo tidak dapat mengirim arus sebanyak yang dibutuhkan.

3. Dinamo lemah

Anda juga dapat mengalami kesulitan dalam pemakaian pengering mesin cuci karena dinamo mesin yang melemah. Dalam pemakaian, putaran dinamo dapat melemah karena banyak faktor juga.  Tentunya, putaran yang melemah ini membuat pengering juga ikut berputar secara lemah.  Biasanya, hal ini terjadi karena adanya korsleting pada gulungan kawat kumparannya.

4. Bushing rusak 

Penyebab lainnya dari kerusakan pada pengering ini ada pada bushing pengering. Komponen yang ada di dinamo ini mempunyai peran untuk menahan putaran dinamo. Hal ini dilakukan agar dinamo dapat berputar secara stabil dan bekerja secara maksimal. 

Itulah berbagai macam penyebab yang dapat menjadi alasan kerusakan pada pengering mesin cuci berputar tetapi tidak kering.  Anda harus mengatasi masalah berdasarkan penyebab yang memungkinkan. Penting untuk membawa tenaga kerja ahli jika memang tidak bisa.