Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3+ Tips Membuat Rangkaian Antena TV Digital Sendiri dengan Segala Arah

bocahtehnik - Rangkaian antena TV digital ternyata bisa Anda buat sendiri sesuai dengan keinginan dan pilihan. Anda bisa memilih antena TV outdoor maupun indoor. Kedua jenis antena ini tentunya memiliki beragam kelebihan dan kekurangan. 

3 cara membuat  antena tv digital segala arah
Pasang Kabel

Untuk antena luar ruangan atau outdoor bisa menangkap sinyal yang lebih kuat, sementara untuk antena di dalam ruangan atau indoor ini akan memudahkan Anda untuk meletakkan antenanya. Jadi, Anda bisa menyesuaikan jenis antena sesuai dengan kebutuhan. Lantas, bagaimana cara membuat antena TV digital segala arah yang mudah?

3 Tips Membuat Rangkaian Antena TV Digital

Membuat antena sendiri tentunya membutuhkan cara-cara khusus yang perlu Anda pelajari. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda simak dalam membuat rangkaian antena TV digital.

1. Siapkan Peralatan yang dibutuhkan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membuat rangkaian antena adalah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa peralatan yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu. 

● Seng biasa yang berukuran sekitar 1 meter. 
● Baut. 
● Paku. 
● Gunting seng. 
● Palu. 
● Obeng. 

2.Potong, Pasang, dan Letakkan Seng Pada Posisi yang Aman

Setelah semua alat disiapkan, maka Anda bisa lanjutkan membuat rangkaian antena TV digital dengan memotong seng. Potong seng dengan ukuran yang presisi. Jika seng nisplang sudah dipotong sesuai dengan acuan skema yang ada, maka untuk merangkai sengnya anda bisa menggunakan obeng, paku, palu, dan gunting. 

Setelah itu, letakkan dan pasang antena di bawah genteng rumah Anda. Selain itu, Anda juga menempatkan antena tersebut di tempat yang aman dan tidak terjangkau oleh anak-anak. 

3.Pastikan Koneksi Kabel dengan Driver Kokoh

Perlu Anda ketahui, bahwa menerapkan cara membuat antena segala arah tentu membutuhkan ketelitian. Anda juga perlu memastikan apakah koneksi kabel dengan drivernya kokoh atau tidak. Bila perlu, Anda juga bisa mengencangkan kabel dan driver. 

Sebab, koneksi kabel yang tidak kencang akan menghasilkan gambar yang tampak buram dan mengganggu. Hal ini juga berlaku ketika Anda memasang kabel pada konektornya. 

Inilah beberapa tips membuat rangkaian antena TV digital untuk segala arah yang mudah. Semoga cara ini bisa membantu Anda untuk lebih hemat dalam memenuhi kebutuhan antena dirumah.